Hello,

Reader

KOMPAK Tuntut KPK Usut Dugaan Keterkaitan Airlangga dalam Kasus PLTU Riau-1
Massa KOMPAK demo di Gedung KPK Jakarta Selatan
KOMPAK Tuntut KPK Usut Dugaan Keterkaitan Airlangga dalam Kasus PLTU Riau-1

Jakarta, HanTer-- Komando Aksi Mahasiswa dan Pemuda Anti Korupsi (KOMPAK) mendesak  Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk segera menuntaskan kasus Korupsi di proyek PLTU Riau-1.

"Kasus PLTU Riau-1 harus segera diselesaikan, apalagi diduga melibatkan pejabat negara termasuk indikasi dugaan keterlibatan Airlangga Hartarto, Ketua Umum Partai Golkar dalam kasus itu," ujar Yonpi Alfarizi dalam siaran pers yang diterima redaksi, Rabu (18/9/2019).

Menurut dia, dalam persidangan pun nama Airlangga sudah disebut-sebut terkait proyek tersebut. “Kasus dugaan keterlibatan Airlangga terungkap dalam kesaksian Mantan wakil ketua Komisi VII DPR, Eni Maulani Saragih yang sudah lebih dulu di vonis dalam skandal korupsi PLTU Riau-1,” ujar Yonpi.

Dalam kesaksiannya, lanjut Yonpi, Eni pernah menghadiri pertemuan dirumah ketua Umum Partai golkar Airlangga Hartarto, atau yang kerap disebut sebagai AH. Tetamunya adalah Kotjo, Idrus Marham, dan Ketua Fraksi Golkar Melchias Markus Mekeng.

"Bahwa di kediaman pribadi AH lah yang menjadi awal titik kumpul untuk merencanakan sebuah dugaan kejahatan tersebut. Eni dan Idrus diduga bersama-sama mnenerima uang sebesar Rp6,25 miliar dari Kotjo secara bertahap. Eni mengaku sebagian dari Rp2 miliar yang dirinya terima dari Kotjo digunakan untuk keperluan Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Golkar pada Desember 2017." terang Yonpi.

Menurut Yonpi berdasarkan kesaksian Eni, pertemuan dilaksanakan setelah AH menjabat sebagai Ketua Umum Partai Golkar yang baru.

"Setelah Pak AH menjadi Ketum Golkar, diadakan pertemuan di rumah pribadi Pak AH. Hadir dalam pertemuan itu Pak AH, Mekeng, Idrus, Bu Eni dan Pak Kotjo. Pertemuan itu digelar di rumah pribadi AH pada Januari 2018 lalu. Pertemuan itu tidak lain membicarakan tindak lanjut kepentingan Kotjo menggarap proyek PLTU Riau 1," terang Yonpi.

Pegiat antikorupsi yang tergabung dalam KOMPAK meminta KPK untuk, mengusut tuntas skandal korupsi PLTU RIAU-1, tangkap semua yang terlibat PLTU RIAU-1, dan bebaskan Indonesia dari Korupsi. 


#AirlanggaHartarto #KorupsiPLTURiau-1

Komentar Anda
Komentar