Hello,

Reader

Jokowi Minta Menkes Terawan Tuntaskan Kasus Stunting
ilustrasi. (Ist)
Jokowi Minta Menkes Terawan Tuntaskan Kasus Stunting

Jakarta, HanTer - Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus mengatakan dirinya mendapat arahan dari Presiden Joko Widodo salah satunya mencapai target penurunan kasus stunting atau kekerdilan pada anak-anak.

"Karena apa yang menyebabkannya, sifatnya kompleks. Jadi harus terkoordinasi sampai ke level bawah," kata Terawan di halaman Istana Negara, Jakarta pada Kamis (24/10/2019), terkait upaya penyelesaian masalah stunting tersebut.

Terawan menambahkan dirinya akan berkoordinasi dengan para direktur di Kementerian Kesehatan untuk mengetahui secara detil sejumlah permasalahan yang terjadi. Mantan Kepala RSPAD Gatot Soebroto itu menjelaskan perlu peningkatan kondisi kesehatan masyarakat sehingga masalah stunting bisa tertangani seluruhnya.

"Karena itu hari ini saya harus rapatkan untuk koordinasi, jadi harus tahu duduk persoalannya," ujar Terawan mengatakan dirinya akan mencari penjelasan sejumlah masalah dengan berkoordinasi kepada badan-badan terkait.

Sebelumnya menurut data terbaru Survei Status Gizi Balita Indonesia (SSGBI) dengan Susenas pada Maret 2019, yang melibatkan 320.000 rumah tangga (RT), angka stunting pada 2019 telah turun menjadi 27,67 persen atau turun sekitar 3 persen dari angka 30,8 persen menurut data Riset Kesehatan Dasar (Riskedas) 2018.

Penurunan angka stunting pada 2019, menurut mantan menkes Nila Moeloek, adalah sebuah kado yang indah jelang purna tugasnya dari Kementerian Kesehatan. "Saya sangat gembira, merupakan hadiah buat saya. Walaupun demikian kita harus turun di bawah 20 persen di bawah (yang ditargetkan) WHO," ujar Nila, dilansir dari Antara.


#menkes #stunting #jokowi

Komentar Anda
Komentar