Hello,

Reader

Dokter: Ibu dengan HIV Tetap bisa Beri ASI
ilustrasi. (Ist)
Dokter: Ibu dengan HIV Tetap bisa Beri ASI

Palembang, HanTer - Dokter Spesialis Anak, dr Leni Ervina MKes SpA (K) menyatakan bahwa ibu dengan HIV masih bisa tetap menyusui atau memberi Air Susu Ibu (ASI). Namun Ia menganjurkan agar memilih salah satu metode apakah hanya air susu ibu (ASI) atau hanya susu formula saja.

"Hal itu untuk menghindari penularan virus yang lebih parah lagi dan memperkecil risiko penularan, karena dikhawatirkan terjadi alergi susu sapi yang menyebabkan luka pada saluran cerna maka virus HIV akan lebih mudah masuk," kata dr Leni Ervina MKes SpA (K), dilansir dari Antara, Sabtu (26/10/2019).

Selain itu, ia menjelaskan, untuk ibu yang mengidap Hepatitis B tetap bisa menyusui dengan catatan bayi sudah dilakukan pemberian imunoglobulin Hepatitis B dan vaksin Hepatitis B yang diberikan secara bersamaan pascapersalinan.

Untuk imunoglobulin Hepatitis B disarankan diberikan 12 jam segera pascapersalinan. Karena itu, ibu dengan HIV dan Hepatitis B tidak perlu khawatir untuk tetap menyusui selama tata laksananya sudah benar.

Dokter Leni juga menyarankan kepada para ibu yang memiliki indikasi medis atau anak yang memiliki indikasi medis untuk berkonsultasi kepada tenaga kesehatan, agar mendapatkan bantuan praktis terkait pemberian ASI sesuai indikasi medis.

 


#ASI #HIV

Komentar Anda
Komentar