Hello,

Reader

Cegah Korupsi; Kejaksaan Tetap Lanjutkan Program CIA
Cegah Korupsi; Kejaksaan Tetap Lanjutkan Program CIA

 

Jakarta, HanTer - Kejaksaan dibawah kepemimpinan Jaksa Agung Baharuddin  sebaiknya  melakukan pencegahan tindak pidana korupsi melalui program Corruption Impack Assement (CIA), suatu paradigma penegakan hukum tindak pidana korupsi dengan metode mencari akar muasah permasalahan.

Program CIA telah diterapkan di era Jaksa Agung HM Prasetyo, dan hasilnya perbuatan korupsi di beberapa pemprov maupun pemda teramputasi.

"Kami sejak tahun 2018 mendapat perintah dari Jaksa Agung HM Prasetyo untuk mensosialisasikan pencegahan korupsi dengan cara CIA melalui Kejari dan Kejati se-Indonesia, dan hasilnya sangat memuaskan," ujar 
Staf Ahli Jaksa Agung bidang tindak pidana korupsi Dr Sudung Situmorang kepada Harian Terbit disela pisah sambut Jaksa Agung RI di Jakarta, Senin (28/10/2019).

Sudung menegaskan CIA saat ini terus dikembangan agar tidak hanya menghukum pelaku tindak korupsi akan tetapi juga memperbaiki kerusakan atau akar permasalahan dari tindak pidana korupsi itu sendiri, sehingga perbuatan tindak pidana korupsi tidak terulang kembali.

Dikatakan kejaksaan telah berkoordinasi dengan pihak Pemprov Kabupaten/Kota  agar persoalan kasus korupsi tidak terulang pada kasus yang serupa.

"Dengan cara itu (program CIA, red) diharapkan para gubernur, bupati dan walikota mempunyai landasan untuk mengambil suatu keputusan terkait perkara korupsi,” ujarnya.

Ditambahkannya dengan cara CIA lebih bermanfaat karena dapat mengidentifikasi penyebab terjadinya tindak pidana, membenahi mekanisme/peraturan yang menjadi penyebab terjadinya tindak pidana, dan mencegah pengulangan tindak pidana.

"Di tahun 2019 kami melakukan evaluasi CIA dan ternyata berhasil dilaksanakan oleh para pemangku kebijakan," ujarnya.


#Cegah #Korupsi #Melalui #CIA

Komentar Anda
Komentar