Hello,

Reader

Rakyat Papua Ingin Hidup Sejahtera, Bukan Istana
Presiden Joko Widodo saat berinteraksi dengan anak-anak di Papua (ist)
Rakyat Papua Ingin Hidup Sejahtera, Bukan Istana

Jakarta, HanTer - Presiden Joko Widodo (Jokowi) siap membangun Istana Kepresidenan dan asrama nusantara di Papua, khususnya di Kota Jayapura. Para pengamat menyatakan, rakyat Papua lebih membutuhkan kesejahteraan, keadilan, dan membutuhkan pekerjaan agar mereka bisa hidup layak.

“Gak perlulah bangun Istana dan asrama Nusantara di Papua. Karena pembangunan Istana dan asrama Nusantara tidak akan banyak memberikan pengaruh besar terkait isu- Papua. Saat ini kebutuhan rakyat Papua yang mendesak adalah kesejahteraan. Sehingga tidak ada lagi kemiskinan dan kelaparan disana,” kata Muslim kepada Harian Terbit, Senin (28/10/2019).

Muslim menuturkan, mendengar dan melihat Papua tidak perlu harus ada Istana. Apalagi pembantu-pembantunya selama ini kerjanya juga tidak jelas. Sehingga aspirasi dan suara Papua juga tidak didengar dan dilihat. 

Kesejahteraan

Sementara itu, tokoh Papua, Natalius Pigai mengemukakan, pembangunan istana dan asrama Nusantara cuma mercu suar belaka. Makanya, anggaran untuk pembangunan istana sebaiknya untuk pembangunan dan kemajuan Papua.

Pigai mengatakan, saat ini di Jawa Barat ada 3 istana yaitu Bogor, Batu Tulis dan Cipanas. Tapi orang Sunda tidak pernah tempati 3 Istana tersebut. Padahal di Jawa Barat ada 62 juta penduduk. Bahkan pengangguran di Provinsi Jawa Barat tertinggi di Indonesia. "Artinya, orang Papua tidak butuh soal-soal simbolik tetapi penyelesaian persoalan Papua secara substansial," tandasnya.

Pengamat politik dari Lembaga Kajian dan Analisa Sosial (LeKAS) Karnali Faisal mengatakan, pembangunan Istana dan asrama Nusantara tentunya harus berjalan paralel dengan dua hal penting. Pertama, terciptanya suasana kebatinan yang tenteram dan damai. Kedua, implementasi komitmen pemerintah untuk mempercepat pembangunan sumber daya manusia di Papua. 

Menurutnya, pemerintah harus memastikan kondisi keamanan kondusif dan mampu mengeliminir berbagai gejala konflik di tengah-tengah lingkungan masyarakat. Kasus kericuhan seperti yang terjadi bulan tidak boleh terjadi.

"Jika pemerintah bisa mewujudkan dua hal penting di atas maka pembangunan istana, asrama Nusantara maupun infrastruktur lainnya akan menjadi perekat kuatnya semangat kebangsaan di antara semua anak bangsa, termasuk Papua," tambahnya.

Diketahui, tokoh adat Port Numbay Abisai Rollo mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) siap membangun Istana Kepresidenan dan asrama nusantara di Papua, khususnya di Kota Jayapura. "Istana Presiden itu saya memberikan tanah kepada negara seluas 10 hektar untuk dibangun Istana Presiden Republik Indonesia. Pesan pak Presiden Soekarno jangan bilang apa yang negara berikan kepada kita, tetapi apa yang saya berikan kepada negara," katanya. 


#Presiden #jokowi #papua

Komentar Anda
Komentar