Hello,

Reader

Pemkab Gorontalo Utara Serukan ASN Naik Sepeda ke Kantor
Gowes Nusantara di Gorontalo Utara
Pemkab Gorontalo Utara Serukan ASN Naik Sepeda ke Kantor

Gorut, HanTer - Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) kini tengah gencar mengampanyekan gaya hidup sehat dengan berolahraga ke masyarakat, tak terkecuali ke pejabat-pejabat dan para aparatur sipil negara (ASN) sendiri.

Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan meminta pejabat dan ASN untuk bersepeda apabila ingin bepergian dari satu kantor ke kantor lainnya.

Hal itu dikatakan Bupati Gorut, Indra Yasin, seusai dilaksanakannya kegiatan Gowes Nusantara 2019 oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga di wilayah tersebut, Sabtu (26/10/2019).

Menurut Indra, kebijakan yang digalakkan pemerintah daerah akan bisa direspons dengan baik oleh masyarakat apabila dimulai lebih dulu di lingkungan pemerintahan sendiri. "Kalau pejabatnya sudah memulai, insya Allah masyarakat nantinya ikut. Ini yang ingin kami lakukan ke depan," kata Indra.


"Kami sebagai eksekutif biasanya duduknya lama. Nah untuk melatih menggerakkan tubuh ini isi dengan bersepeda," ucap dia.

Indra menyatakan kantor instansi pemerintah di lingkungan Pemkab Gorut lokasinya relatif berdekatan sehingga ia menilai kebijakannya itu seharusnya tak menjadi persoalan. "Saya sudah katakan kalau lokasi kantor dan kantor dekat, sudah harus ada disiapkan sepeda. Kantor kami di sini semua satu kompleks," kata Indra.

Gowes Nusantara yang diadakan di Gorontalo merupakan bagian dari program Gowes Nusantara 2019 yang diadakan di 50 titik kabupaten dan kota yang tersebar di 34 provinsi di seluruh Indonesia.
Program Gowes Nusantara 2019 diawali di Kota Padang, Sumatera Barat, pada 31 Maret lalu.

Gowes Nusantara merupakan program yang bertujuan membangun kesadaran tiap individu untuk berolahraga. Dengan demikian secara otomatis akan meningkatkan angka kesehatan dan kebugaran. "Aktivitas berolahraga menjadi hal penting untuk seorang individu menjadi lebih sehat dan bugar karena olahraga menempati urutan teratas dalam upaya pencegahan penyakit tidak menular seperti diabetes, hipertensi, obesitas hingga stroke," kata Deputi Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta.

"Apa pun olahraganya dan sesuai dengan porsinya, akan membuat aktivitas yang dilakukan sehari-sehari bisa berjalan dengan lancar," lanjutnya.

Pelaksanaan kegiatan Gowes Nusantara 2019 ini bekerjasama dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). Sebab, gaya hidup sehat dan menjauhkan diri dari bahaya narkoba dengan olahraga merupakan bagian dari upaya menjaga ketahanan keluarga.



#GorontaloUtara #GowesNusantara20129 #RadenIsnanta

Komentar Anda
Komentar