Hello,

Reader

Sulaeman Hamzah Ingin Wujudkan Perekonomian Masyarakat  Papua Meningkat
Anggota Komisi IV DPR RI, Sulaeman Hamzah
Sulaeman Hamzah Ingin Wujudkan Perekonomian Masyarakat  Papua Meningkat

Jakarta, HanTer - Anggota Komisi IV DPR RI, Sulaeman Hamzah mengaku akan fokus memenuhi kebutuhan masyarakat, khususnya di Papua sehingga perekonomian masyarakat di pegunungan dan pedalamam Papua bisa meningkat. Apalagi saat ini ia duduk di Komisi IV yang membawahi bidang pertanian, perkebunan dan peternakan.

"Kita sudah memiliki data. Akan kita penuhi semua kebutuhan mereka (masyarakat di Papua)," ujar Sulaeman Hamzah yang ditemui usai mengikuti rapat kerja (Raker) di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (14/11/2019).

Ia mengungkapkan, kehidupan masyarakat di pegunungan jauh lebih tertinggal dibandingkan kehidupan masyarakat yang tinggal di pesisir. Salah satu penyebabnya karena infrastruktur di pengunungan masih terbatas. Selain itu, masyarakat pegunungan juga hanya bergantung pada sektor perkebunan saja.

"Kami ingin tingkat perekonomian mereka (masyarakat pegunungan), paling tidak sama seperti masyarakat pesisir," jelasnya.

Sulaeman menyebutkan, beberapa hasil perkebunan masyarakat di pegunungan adalah kopi dan buah merah. Hasil produksi yang cukup melimpah tersebut kerap terkendala oleh pasar yang masih jauh. "Masalah ya di pasar. Kalau mau jual ke luar, biayanya jauh lebih mahal," ucapnya.

Selama ini, sambung Sulaeman, hasil produksi hanya untuk memenuhi kebutuhan sendiri. Padahal produksi pertanian seperti kopi sangat potensial menghasilkan pendapatan yang tinggi. "Masyarakat di pegunungan banyak kita temukan petani kopi. Solusinya, akan kita fasilitasi pasar lagi," ungkapnya.

Pasalnya, lanjut, Sulaeman, pasar yang sebelumnya disediakan di Freeport kini telah tutup. Padahal pasar tersebut menyerap tinggi hasil produksi para petani di Papua. "Kita akan lobi lagi, agar pasar bisa dibuka kembali," katanya. Pasar tersebut, menurut Sulaeman akna didukung dengan transportasi berupa pesawat. Tentu saja, setiap pengiriman yang dilakukan tidak dalam jumlah yang sedikit.

"Kita pastikan muatan pesawat carter penuh di setiap pengiriman," ucapnya.

Lebih lanjut Sulaeman mengatakan, selama ini distribusi hasil produksi pertanian untuk memenuhi kebutuhan pasar lokal. Ia optimistis program tersebut secepatnya bisa segera terealisasi. 

"Kita akan segera turun ke lapangan, untuk mempersiapkan semuanya. Supaya masyarakat bisa diyakinkan oleh program ini nanti," pungkasnya.
 


#DPR #SulaemanHamzah

Komentar Anda
Komentar