Hello,

Reader

 Dr Chaerul Amir Ungkap Kiat Pimpin Kejati Kaltim
Dr Chaerul Amir Ungkap Kiat Pimpin Kejati Kaltim

 

Samarinda, HanTer - Sejak menjabat sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Kalimantan Timur  (Kaltim) awal Oktober lalu, Dr Dr Chaerul Amir SH MH terus melakukan pembenahan internal dilingkungan Kejati Kaltim guna terwujudnya optimalisasi penanganan perkara dan pencegahan tindak pidana korupsi.

Bagi jaksa peraih gelar doktor dua kali ini, ada strategi khusus untuk memimpin Kejaksaan di wilayah hukum Kalimantan Timur.

"Saya punya tiga strategi dalam menahkodai Kejaksaan Tinggi yaitu Konsolidasi, Optimalisasi dan Public Trust," ujar Chaerul dalam perbicangan dengan Harian Terbit, Minggu (17/11/2019).

Chaerul menjabarkan tiga strategi tersebut, yakn konsolidasi bersifat internal dan eksternal. Internal adalah untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan di wilayah hukum Kejati Kaltim. Sebaliknya eksternal akan dilakukan ke semua stakeholder terkait dan masyarakat dalam mengambil langkah-langkah kebijakan dalam penegakkan hukum.

Sedangkan optimalisasi lebih pada  mendorong semua perkara yang ada untuk  ditingkatkan sehingga tidak nantinya tidak ada lagi tunggakan perkara.

Dan public trust atau kepercayaan publik yakni memberikan kepercayaan kepada masyarakat terhadap kinerja yang dilakukan Kejati Kaltim.

Menurutnya public trust sangat penting mengingat selama ini masih banyak pihak atau kalangan masyarakat yang belum percaya jika Kejaksaan telah melakukan reformasi internal.

"Ini penting bagi saya karena mengingat masih banyak pihak yang menilai Kejaksaan belum reformis, dalam artian  belum banyak melakukan perubahan dalam hal proses penegakkan hukum," ujarnya.

Dalam waktu dekat dirinya akan melakukan peninjauan   ke beberapa kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) di wilayah Kaltim dan Kaltara.

"Kemarin sudah ke Kejari Samarinda, mungkin nanti selanjutkan ke Bontang dulu, Sangatta, kemudian Kukar. Setelah itu saya akan ke Kaltara, Balikpapan, Kubar dan lainnya," ujarnya.

Pada Jumat (15/11/2019) Chaerul melantik 3 Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) di aula Kejati Kaltim.


#Kajati #Kaltim #Chaerul #Amir

Komentar Anda
Komentar