Hello,

Reader

Jaring Masukan, Menkop Bakal Desain Ulang Smesco 
ilustrasi. (Ist)
Jaring Masukan, Menkop Bakal Desain Ulang Smesco 

Jakarta, HanTer - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM), Teten Masduki, mengatakan pihaknya akan mendesain kembali format Smesco Indonesia sehingga menjadi tempat pemasaran produk UKM yang diminati pasar domestik atau luar negeri.

Tak hanya itu, ungkap Teten, manajemen dan pengelolaan Smesco akan diserahkan pada Badan Layanan Umum (BLU) Kemenkop dan UKM yaitu Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan UKM (LLP-KUKM).   

"Smesco harus didesain ulang agar produk UKM mampu masuk pada global value chain, dengan begitu daya saing produk UKM ini bisa betul-betul bersaing di pasar domestik atau pasar luar negeri," kata Teten di Gedung Smesco Indonesia, Jakarta, Jumat (15/11/2019).

Teten mengungkapkan dia tengah meminta masukan dari para pelaku dan pemerhati UKM agar konsep one stop service yang digagasnya untuk pengembangan Smesco Indonesia dapat diaplikasikan dalam waktu dekat.

Dengan konsep one stop service yang ingin diwujudkannya, dia berharap Smesco Indonesia bisa menjadi tempat berkumpul atau tujuan wisata belanja bagi masyarakat khususnya yang ingin berbelanja produk-produk unggulan UKM dari berbagai wilayah di Indonesia.

"Ini akan jadi tempat pusat konsultasi dari hulu ke hilir (bagi pelaku UKM), retail gallery sudah ada tapi nanti juga ada (spot) untuk akurasi produk sehingga bisa memberikan penguatan pada brand lokal. Kami punya ambisi Smesco menjadi pusat peradaban baru UKM," katanya.

Terkait dengan pembiayaan bagi penguatan SDM pelaku UKM, Mantan Kepala Staf Kepresiden ini menegaskan bahwa sudah ada skim-skim khusus yang bisa diakses oleh pelaku usaha. Seperti Kredit Usaha Rakyat (KUR), akses permodalan dari Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) yang menjadi BLU dari Kemenkop dan UKM serta skema lainnya.

Dia mengatakan pemerintah akan terus fokus mendorong UKM agar naik kelas dengan memanfaatkan berbagai program pemasaran atau pembiayaan. "Pembiayaan sudah disiapkan pemerintah dengan berbagai skema. Yang pasti Smesco ini akan jadi pusat one stop services bagi UKM, nanti di sini sebagai tempat belajar, sharing eksperimen dan lainnya," ujar Teten.

Sementara itu, di tempat yang sama, Founder Rumah Kolaborasi The Local Enebler, Dwi Purnomo, menyatakan bahwa Smesco Indonesia sangat potensial untuk dijadikan trade center dan pemenuhan life style. Yang dibutuhkan saat ini sedikit polesan untuk mengubah wajah Smesco tersebut dengan mengisi berbagai inovasi tambahan.

“Saya melihat potensi luar biasa dari tempat ini, tapi akan sangat sulit bagi pemerintah (LLP-KUKM) untuk meng-operete semua kebutuhan. Ada baiknya tempat ini jadi hub yang baik dengan pemerintah menjadi enebler. Justru pemerintah harus menggaet lebih banyak komunitas di rumahnya di sini,” bebernya. 


#menkop #teten #smesco

Komentar Anda
Komentar