Hello,

Reader

Sikap Tegas Menteri BUMN Diapresiasi
Sikap Tegas Menteri BUMN Diapresiasi

Jakarta, HanTer - Berbagai terobosan dan langkah tegas yang dilakukan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, kerap menuai apresiasi berbagai kalangan. 

Ekonom Rizal Ramli dan pengamat Politik, Jerry Massie, mengapresiasi sikap Erick Tohir, yang secara tegas memecat Direktur Utama Garuda Ari Askhara. Ari Askhara dipecat menyusul temuan penyelundupan motor Harley Davidson bekas dan dua sepeda Brompton dalam pesawat baru airbus A330-900.

Menurut Rizal, Erick memberikan pesan agar ada perubahan etika dan perubahan kinerja di semua perusahaan pelat merah yang berada di Kementerian BUMN. “Saya senang menteri BUMN Erick Thohir bersikap tegas. Ia mengirimkan message bahwa dia mau ada perubahan etika, dan perubahan kinerja,” kata Rizal, kepada Republika di Auditorium Universitas Negeri Padang, belum lama ini.

Rizal berharap Erick konsisten memberikan ketegasan untuk membenahi BUMN yang menjadi tulang punggung pemasukan Negara. Mantan Menko Perekopnomian tersebut mengatakan gebrakan yang dibuat Erick di awal masa jabatannya ini membuktikan bahwa setiap persoalan yang ada di Indonesia bisa dibereskan. Asalkan Presiden memilih orang yang benar dan tepat.

“Apa yang dilakukan Erick ini membuktikan, semua persoalan di Indonesia ini bisa diberesin, asal pilih orang yang benar. Kalau kita jadi pemimpin, kita pilih orang yang benar, kita bisa tidur. Kalau pilih orang yang salah, tidak tepat, akhirnya kita yang enggak bisa tidur,” ucap Rizal seperti dikutip republika.co.id.

Mental Korupsi

Jerry Massie mengatakan,  langkah Erick Thohir memecat Direktur Utama Garuda Indonesia Ari Askhara karena penyelundupan motor Harley Davidson dan Brompton ilegal. Selain itu, Erick Thohir juga akan merombak jajaran direksi dan komisaris PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk.

"Saya nilai apa yang dibuat pak Erick sudah tepat dan sesuai koridor yang berlaku. Untuk membuat ekonomi kuat juga maka sektor BUMN harus di repair atau perbaiki," kata Jerry di Jakarta, Minggu (8/12/2019).

Ia mengatakan, mental korupsi di perusahaan plat merah ini harus diberangus, lantaran di 148 BUMN rentan korupsi.

"Saya usulkan agar pejabat yang duduk atau dewan komisaris dan direksi yang anti korupsi. Terobosan mas Erick sangat elegan, dan ini harus ditopang dan didukung. Tak salah pak Presiden menempatkan beliau diposisi ini," ungkap Jerry.

Direktur Eksekutif Political and Public Policy Studies (P3S) ini mengatakan, memang, untuk duduk di BUMN harus tegas, keras, bersih dan berani mengambil kebijakan.

"Para mafia, kartel dan bandit harus dibersihkan di tubuh BUMN, biar perusahaan negara ini tidak lagi merugi," ujarnya.

Sebelumnya, Menneg BUMN Erick Thohir telah memecat Dirut Garuda Aro Askhara dan akan merombak jajaran direksi dan komisaris PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk.

"Saya rasa nggak masalah ganti total kalau memang itikad baik ganti total," ujar Erick Jumat (6/12/2019). 



#ErickThohir #AriAskhara #GarudaIndonesia #bumn

Komentar Anda
Komentar