Hello,

Reader

Puluhan Perusahaan Ikuti Sosialiasi E-Jakon BPJAMSOSTEK Cabang Menara
Suasana Sosialisasi Manfaat Layanan BPJS Ketenagakerjaan dan Aplikasi E-Jakon yang digelar oleh BPJAMSOSTEK) Kantor Cabang Jakarta Menara Jamsostek, di Jakarta, Senin (16/12/2019).
Puluhan Perusahaan Ikuti Sosialiasi E-Jakon BPJAMSOSTEK Cabang Menara

Jakarta, HanTer – BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Kantor Cabang Jakarta Menara Jamsostek menghadirkan sekitar 70 perwakilan perusahaan jasa konstruksi untuk mengikuti Sosialisasi Manfaat Layanan BPJS Ketenagakerjaan dan Aplikasi E-Jakon, di Jakarta, Senin (16/12/2019).

PPS (Pejabat Pengganti Sementara)  Kepala Kantor Cabang BPJAMSOSTEK Jakarta Menara Jamsostek, Erizal Feri mengatakan, BPJAMSOSTEK telah menghadirkan aplikasi E-Jakon untuk memudahkan pengusaha dan kontraktor jasa konstruksi untuk mendaftarkan proyeknya agar setiap pekerja mendapat perlindungan dalam Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

“Setiap proyek jasa konstruksi harus terdaftar peserta BPJAMSOSTEK, tujuannya untuk melindungi seluruh pekerja proyek dari risiko pekerjaannya. Sekarang pendaftaran melalui e-jakon mudah dan prosesnya cepat,” kata Erizal Feri dalam sambutannya membuka kegiatan sosialisasi tersebut.

Sebelum ada e-jakon, kata Feri, pendaftaran jasa konstruksi hanya bisa dilakukan melalui kantor-kantor cabang BPJAMSOSTEK. Dengan adanya e-jakon, proses pendaftaran bisa dilakukan dengan mudah karena hanya membutuhkan akses internet.

“Daftar di tengah hutan pun bisa pakai e-jakon bisa, selama ada koneksi internet. Tinggal mengakses https://ejakon.bpjsketenagakerjaan.go.id/ dan ikuti alur petunjuk yang tersedia,” ungkapnya.

Proses pembayaran dilakukan melalui virtual account bank yang telah bekerjasama.”Pembayaran iuran bisa melalui teller bank, ATM, online atau mobile banking seperti di  Bank Mandiri dan di BRI. Petunjuk pembayaran sudah ada di aplikasi e-jakon,” ujarnya.

Sementara cara mendaftar ke kantor cabang yaitu mengisi formulir pendaftaran kepesertaan Jasa Konstruksi, formulir-formulir tersebut dilampiri dengan Surat Perintah Kerja (SPK) atau Surat Perjanjian Pemborong (SPP).

Dalam kegiatan itu, Kepala Bidang Pelayanan BPJAMSOSTEK Cabang Menara Jamsostek dan Kepala Bidang Kepesertaan Haryani Rotua Melasari turut melakukan sosialisasi teknis penggunaan aplikasi e-jakon dan menjelaskan manfaat-manfaat program yang diterima pekerja apabila mengalami kecelakaan kerja.

“Seluruh proyek, baik kecil hingga besar, wajib daftar BPJAMSOSTEK. Mau bangun gedung atau rumah risikonya sama, manfaatnya juga sama,” katanya.

Ani, sapaan akbar Haryani Rotua Melasari mencontohkan, proyek senilai Rp100 juta, iuran yang harus dibayarkan untuk program Jaminan Kecelakaan Kerja sebesar 0,24 persen dari nilai proyek atau sebesar Rp240 ribu mencakup seluruh pekerja selama jangka waktu proyek yang didaftarkan.

“Manfaatnya, untuk santunan kecelakaan kerja senilai Rp79 juta dan santunan kematian Rp24 juta. Santunan kematian ini sebentar lagi naik jadi Rp42 juta,” katanya.

Selain itu, setiap pekerja juga akan mendapatkan santunan sementara tidak mampu bekerja selama proses pengobatan hingga bisa kembali bekerja. Anak ahli waris yang meninggal dunia juga berhak mendapatkan santunan beasiswa apabila telah terdaftar sekurang-kurangnya lima tahun kepesertaan.



#bpjamsostek #e-jakon #konstruksi

Komentar Anda
Komentar