Hello,

Reader

Puluhan Polisi Diperiksa Pasca Penggusuran Tamansari
Istimewa
Puluhan Polisi Diperiksa Pasca Penggusuran Tamansari

Bandung, HanTer - Penggusuran rumah warga di RW 11, Kelurahan Tamansari, Bandung, Kamis (12/12/2019) lalu, yang disertai tindakan kekerasan berbuntut panjang. Sebanyak 25 polisi diperiksa. 

Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Polri, Irjen M. Iqbal mengatakan puluhan personel itu diperiksa guna mengetahui ihwal proses standar operasional prosedur (SOP) saat pengamanan relokasi.

"Polda Jawa Barat melakukan pemeriksaan, ada beberapa puluh personel Polrestabes diperiksa," kata Iqbal di Bareskrim Polri, Senin (16/12/2019).

"Apakah ada dugaan pelanggaran dan lainnya. Propam sudah turun nanti kita sampaikan hasilnya," sambungnya.

Sementara Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri, Kombes Asep Adi Saputra menyebut, total ada 25 personel yang diperiksa. Personel yang dimintai keterangan karena mereka mengetahui peristiwa tersebut terjadi.

"Sekitar 25 orang untuk mengetahui kedalaman peristiwa itu terjadi," kata Asep.

Dalam sebuah video yang tersebar di media sosial Twitter, menampilkan gambar seorang pemuda ditangkap dan disodorkan aparat TNI ke kerumunan polisi. Lalu sejumlah oknum polisi memukulnya.
 
Salah satunya akun bernama @alinursahid. Video tersebut diunggah pada Kamis (12//12) sekitar pukul 15.17 dan sudah ditonton sebanyak 119 ribu kali dan dibagikan 1.976 kali hingga saat ini.

"Masih di #HariHAMSedunia teman-teman di Tamansari direpresi dengan keji. Di kota yang katanya dapat predikat ramah HAM. #TamansariMelawan #BandungMelawanPenggusuran," tulis akun tersebut. 

"Yang korban polisi itu namanya Didan, dia teman kami yang bersolidaritas. Dia bantuin ikut mengangkut barang warga. Kemudian ada perang batu. Habis itu ditembaki gas air mata," kata rekan Didan, Dani ditemui di halaman Masjid Al-Islam Tamansari, Senin (16/12).



#Penggusuran #tamansari #polisi #bandung #kekerasan

Komentar Anda
Komentar