Hello,

Reader

 Ringankan Beban Pasien Rawat Inap, Lisda Hendrajoni Gagas Rumah Basamo 
Lisda Hendrajoni/ ist
Ringankan Beban Pasien Rawat Inap, Lisda Hendrajoni Gagas Rumah Basamo 

Jakarta, HanTer – Banyak cara dilakukan Anggota DPR RI untuk kepentingan orang lain, seperti Hj. Lisda Hendrajoni menggagas pemanfaatan rumah singgah keluarga pasien rawat inap di RT 03/RW 04 Kelurahan Sawahan Timur, Kecamatan Padang Timur, Kota Padang.

Rumah yang diberi nama Rumah Basamo itu sengaja digagas Lisda untuk meringankan beban keluarga pasien dari luar kota Padang, yang berobat ataupun menjalani rawat inap di Kota Padang. 

“Rumah ini untuk masyarakat. Sebagai tempat beristirahat dan menginap layaknya rumah sendiri,” kata Lisda usai meresmikan Rumah Basamo, Kamis (26/12/2019).

“Semoga keberadaan Rumah Basamo ini dapat meringankan beban keluarga pasien dan bermanfaat dengan baik, sehingga tetap dapat mendampingi keluarga yang sedang sakit,” imbuhnya. 

Menurut Lisda, ide menggagas Rumah Basamo muncul saat menyaksikan keluarga pasien yang tidur di lorong-lorong dan lantai saat berkunjung ke salah satu rumah sakit.

“Terutama bagi keluarga pasien yang rawat inap, jadi tidak lagi tidur di lantai ataupun lorong-lorong rumah sakit. Bahkan kita juga sediakan konsumsi bagi keluarga pasien di rumah singgah ini,” urai istri Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni ini.

Rupanya, ide dan gagasan Lisda sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Buktinya, Rumah Basamo sudah ditempati jauh hari sebelum diresmikan. 

“Saya yakin ini dibutuhkan sekali. Sebelum di launching saja sudah ada keluarga pasien yang menginap di rumah ini. Bahkan ada yang dari Mentawai dan ada keluarga kita yang dari Pesisir Selatan,” ungkap Lisda.

Ikwal kehadiran Rumah Basamo ternyata menarik perhatian pegiat lingkungan yang juga Ketua Forum Mahasiswa Mentawai Eko Zibua.

“Inilah yang kita tunggu-tunggu, terutama kami yang jauh dari Mentawai. Tentu kalau ada keluarga yang sakit dan dirawat, akan sulit, harus bolak-balik. Dengan adanya program ini, tentunya kami akan sangat terbantu,” ujar Eko Zebua.

Eko berharap, Rumah Basamo lainnya bisa hadir di tempat yang lainnya, sehingga lebih banyak membantu meringankan beban masyarakat kurang mampu.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Bunda Lisda yang telah memberikan salah satu wujud kerja nyatanya. Semoga ini (Rumah Basamo) terus ada, dan ke depannya semakin banyak rumah singgah yang lainnya,” harap Eko. 

Menariknya lagi, saat peresmian Rumah Basamo Lisda Hendrajoni menyerahkan bantuan untuk anak yatim di sekitar lokasi. Bahkan dia juga memberikan bantuan kursi roda kepada salah seorang warga.

Saat ini Rumah Basamo yang digagas Lisda Hendrajoni sudah ada di 2 lokasi, yakni di Kota Padang dan Kota Painan, Pesisir Selatan.

Bagi masyarakat yang ingin memanfaatkan Rumah Basamo, cukup membawa Foto Kopi Kartu Tanda Penduduk dan melapor kepada petugas yang berada di masing-masing rumah singgah.
 



#Lisda #Rumah #Basamo

Komentar Anda
Komentar