Hello,

Reader

Revolusi Baru Timnas Indonesia di Era Shin Tae Yong
Shin Tae Yong (ist)
Revolusi Baru Timnas Indonesia di Era Shin Tae Yong

Jakarta, HanTer - Revolusi. Itulah misi yang akan dihadirkan Shin Tae-Yong saat di percaya menangani Timnas sepakbola senior Indonesia. Meski baru akan di umumkan secara resmi pada Sabtu (28/12/2019) nanti, juru taktik berpaspor Korea itu telah menggenggam skema untuk mengembalikan kejayaan Garuda, julukan Timnas Indonesia.

Dimana sang juru taktik di pastikan akan melakukan pembenahan besar-besaran, baik di tubuh pemain maupun skema yang diterapkannya kedepan. Sebab Shin Tae-Yong telah menemui akar masalah mengapa skuad Garuda kerap melempem, khususnya di tingkat Asia Tenggara dalam waktu yang lama.

Ya, sebelum menjalani tugas, Shin Tae Yong sudah mempelajari karakteristik Timnas Indonesia. Menurutnya, ada kelemahan mendasar yang terlihat dalam permainan Timnas Indonesia. "Secara teknik, permainan Timnas Indonesia tidak terlalu buruk," kata dia dikutip laman Chosun, kemarin.

"Namun ketika saya melihat permainan mereka, dari segi kekuatan fisik, mereka mengalami penurunan drastis (di tengah pertandingan -red). Ketika pertandingan memasuki menit ke 65-70, terlihat jelas perbedaan permainan bila dibandingkan dengan babak pertama," jelasnya.

Dalam dua dekade belakangan, Timnas Indonesia kerap gagal bersaing di level Asia Tenggara, khususnya dengan Thailand dan Vietnam. Menurut Tae Yong, para pemain sering kehabisan tenaga ketika memasuki akhir pertandingan.

"Kualitas para pemain di Indonesia tidak kalah dibandingkan dengan Thailand dan Vietnam. Namun, kebugaran mereka dalam masalah. Sekitar 20 menit terakhir pertandingan kinerja para pemain menurun. Saya punya fokus untuk memperhatikan masalah ini," paparnya.  

Seperti diketahui, Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) baru akan memperkenalkan Shin Tae-Yong pada akhir pekan ini. Hal tersebut dikatakan Mochamad Iriawan alias Iwan Bule selaku ketua umum induk tertinggi sepakbola tanah air, kemarin.

"Shin sudah kita undang untuk finalisasi kontrak. Setelah itu, dia akan kami perkenalkan pada hari Sabtu (28/12/2019) nanti. Mudah-mudahan semua prosesnya bisa berjalan dengan lancar,” tutur Iwan Bule dalam keterangan resmi di kutip laman PSSI.

Dalam pernyataan tersebut, Iwan Bule mengungkapkan PSSI ingin membangun tim nasional yang solid dan berprestasi. Hal ini tentu saja tidak dilakukan dengan program kepelatihan terukur yang disusun tim pelatih.

Shin Tae-yong merupakan pelatih yang pernah meloloskan timnas Korea Selatan (Korsel) ke Piala Dunia 2018. Meski gagal melaju ke fase 16 besar, Taeguk Warrior mengukir catatan manis dengan mencuri kemenangan 2-0 atas Jerman. Ia juga punya pengalaman bagus di level klub, yakni membawa klub Korsel Seongnam Ilhwa Chunma menjadi juara di Liga Champions Asia pada 2010.



#shintaeyong #pelatih #timnasindonesia #pssi #luismilla #simonmcmenemy #pakansari

Komentar Anda
Komentar