Hello,

Reader

Tiga Pelaku Komplotan Peracik Miras Impor Ditangkap Polisi
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus
Tiga Pelaku Komplotan Peracik Miras Impor Ditangkap Polisi

Jakarta, HanTer - Tim Buru Sergap (Buser) Polres Pelabuhan Tanjung Priok berhasil menangkap kelompok yang memalsukan atau mengoplos minuman keras impor dari berbagai merek terkenal.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, ada tiga orang ditangkap terkait kasus minuman keras (Miras) oplosan tersebut.

"Kita amankan tiga tersangka, ada sebagai pemodal, ada dia pengoplos, juga ada yang mengedarkan botol-botol (miras impor)," ungkap Yusri kepada wartawan di Mapolres Pelabuhan Tanjung Priok, Senin (20/1/2020).

Lanjut Yusri, botol-botol miras impor dari berbagai merek, diantaranya, Chivas, Hennessy, dan Black Label untuk menampung miras oplosan, yang berhasil diungkap pada Selasa 14 Januari 2020 lalu adalah botol bekas.

"Ini botol bekas yang mungkin dari tempat hiburan," beber Yusri. Parahnya lagi botol mereka isi dengan alkohol 90 persen, lalu dicampur dengan perasa buatan sehingga warna dan rasa minuman oplosan itu hanya sedikit menyerupai miras asli.

Sementara itu, Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok AKBP Reynold Hutagalung menambahkan, pengungkapan kelompok pemalsu miras impor tersebut terungkap berdasarkan informasi masyarakat.

"Pada akhir tahun 2019 lalu, kami dapatkan info dari masyarakat yang mana telah beredar minuman beralkohol produksi impor," kata Reynold dan pihaknya segera melakukan penyelidikan, tim akhirnya mengetahui bahwa akan ada transaksi penjualan miras palsu di Jalan Raya Ancol Baru, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

"Dalam pengembangan sampai dapat tiga tersangka JN, MAP, dan DC," terang Reynold.

Para tersangka dijerat Pasal berlapis, yakni, Pasal 91 ayat (1) UU RI Nomor 18 Tahun 2012 Tentang Pangan dan Pasal 204 ayat (1) dan Pasal 386 KUHP, Pasal 62 ayat (1) Jo Pasal 8 ayat (1) UU RI Nomor 8  Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.



#YusriYunus

Komentar Anda
Komentar