Hello,

Reader

Pengamat: Erick Thohir dan Sandiaga Capres 2024
Pengamat: Erick Thohir dan Sandiaga Capres 2024

Jakarta, HanTer - Presiden Jokowi menyinggung nama politisi Partai Gerindra Sandiaga Uno sebagai tokoh yang berpeluang menduduki kursi orang nomor satu di Indonesia pada pemilihan presiden (Pilpres) 2024 mendatang dan menggantikannya sebagai presiden kelak.

Selain Sandiaga, ada sejumlah nama yang disebut-sebut bakal menjadi capres mendatang. Mereka adalahKetua DPR Puan Maharani, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Walikota Surabaya Risma, Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Menteri BUMN Erick Thohir, kader Partai Demokrat Agus H Yudhoyono, dan sejumlah nama lainnya.

Pengamat politik dari Universitas Bunda Mulia (UBM) Jakarta, Silvanus Alvin memprediksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak akan menjagokan siapapun dari nama-nama tersebut untuk menjadi capres. 

Silvanus meyakini Jokowi akan sudah mempunyai pilihan yang telah disiapkan dan sosok itu adalah Erick Thohir. "Saya melihat Jokowi ada favoritisme terhadap Erick Thohir. Kalau dengan Ganjar, Puan atau Risma, Jokowi tahu bahwa loyalitas ketiganya itu pada Megawati selaku Ketum PDIP," paparnya.

Menurutnya, untuk Pilpres 2024 tampaknya tidak akan jauh berbeda.  Erick berpasangan dengan Sandi ada potensi terbuka lebar,” paparnya.

Silvanus menilai, yang dilakukan Jokowi saad ini karena mantan wali kota Solo itu ingin sebagai King Maker untuk 2024. Jokowi memilih Erick Thohir karena pada pilpres 2019, karena Jokowi sudah dibantu sepenuh hati oleh Erick Thohir. 

Selain itu Jokowi juga sudah percaya dengan Erick Thohir. Jokowi merasa pria yang menjabat Menteri BUMN itu dapat melanjutnya legacy-legaxy Jokowi. Salah satunya mengawal perpindahan ibukota.

Terkait nama Sandiaga, sambung Silvanus, bisa sebagai contender. Atau malah jika Jokowi melihat peluang bisa saja malah Sandiaga menjadi cawapres dengan Erick Thohir.

Erick dan Sandiaga akan menjadi political storytelling yang lebih baik: karena akan ada duet maut dua sahabat. Saat ini Sandiaga sudah mempersiapkan diri. Sama seperti ketika ia menyasar kursi DKI 1. Saat waktu mendekat dia jadi cawagub dan jadi wagub.

"Untuk pilpres tampaknya tidak akan jauh berbeda.  Erick berpasangan dengan Sandi ada potensi terbuka lebar,” paparnya.

Presiden Jokowi menyinggung nama Sandiaga Uno sebagai tokoh yang berpeluang menduduki kursi orang nomor satu di Indonesia pada pemilihan presiden (Pilpres) 2024 mendatang dan menggantikannya sebagai presiden kelak.

Hal itu disampaikan Jokowi saat menghadiri acara Pelantikan Pengurus Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) periode 2019-2022 yang digelar di Jakarta, Rabu (15/1).

Menanggapi hal tersebut, anggota DPR RI Fraksi PDIP Deddy Sitorus saat ditemui di kawasan Wahid Hasyim, Jakarta Pusat mengatakan masih terlalu jauh membicarakan tentang Pilpres.

“Siapa pun berpeluang jadi capres sekarang. Tapi kan Pilpres  masih jauh. Presiden aja baru tiga bulan. 2024 kan masih jauh,” ungkapnya pada Minggu (19/1/2020) seperti dilansir Rmol.id.

Merasa tak mau kalah, Deddy mengatakan PDIP sesungguhnya juga memiliki kader hebat yang berpeluang sama seperti Sandiaga “Kita juga masih punya Ganjar, Puan, ada Bu risma. Ada banyak kader untuk ke sana. Masih terlalu jauh untuk bilang dukung mendukung,” pungkasnya.

Namun Deddy mengatakan masih terlalu jauh membicarakan tentang Pilpres. “Siapa pun berpeluang jadi capres sekarang. Tapi kan Pilpres  masih jauh. Presiden aja baru tiga bulan. 2024 kan masih jauh,” ungkapnya. 


#Pilpres #sandiaga #erickthohir

Komentar Anda
Komentar