Hello,

Reader

Mentan Pastikan Kebutuhan Pokok 2020 Aman dan Terkendali
Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo saat mengunjungi Pasar Senen Jakarta bersama Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto, Senin (3/2/2020).
Mentan Pastikan Kebutuhan Pokok 2020 Aman dan Terkendali

Jakarta, HanTer  - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo memastikan kebutuhan pokok selama setahun ke depan aman dan terkendali. Bahkan, kata Syahrul, pemerintah sudah menyiapkan tambahan kebutuhan dari hasil produksi petani yang diperkirakan berlangsung pada akhir Februari ini.

"Dalam hitungan kita, memang pada akhir bulan ini sudah memasuki masa panen raya di beberapa daerah. Panen ini meliputi kebutuhan pokok seperti sayur, bawang dan cabai," ujar Mentan Syahrul saat mengunjungi Pasar Senen Jakarta bersama Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto, Senin (3/2/2020).

Mentan mengatakan, masyarakat tak perlu khawatir dengan merebaknya isu kenaikan bahan pokok yang terjadi belakangan ini. Pasalnya, pemerintah melalui berbagai kementerian terkait sudah menyiapkan skema satu pintu, dengan berupaya menyetabilkan harga di seluruh Indonesia.

"Hari ini kita langsung cek terkait harga beberapa bahan pokok. Alhamdulillah banyak yang stabil, bahkan cendrung turun. Kalau cabai dan bawang putih memang harganya naik karena faktor kemarau dan management pasok yang akan kita perbaiki," katanya.

Menurut Suahrul, pemerintah akan meningkatkan transportasi pembawa pangan melalui jalur cepat udara dengan melibatkan jajaran di Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Peningkatan ini dilakukan sebagai upaya Kementan dalam menjaga stabilitas harga pangan.

"Saya sudah lapor ke Menteri Perdagangan dan Menteri Perhubungan  agar transportasi laut yang selama ini dijalankan dapat ditingkatkan menjadi transportasi udara. Kalau nantinya masih ada kenaikan juga, kita akan lakukan operasi pasar," katanya.

Sementara itu, Menteri Perdagangan, Agus Suparmanto menyampaikan pentingnya kolaborasi dan sinergitas penentu harga pangan melalui menteri pertanian, menteri perdagangan serta lembaga negara dan badan-badan lainya untuk saling bersinergi.

"Kita sudah sepakat untuk kesamaan data dan sama-sama sinergi dengan kementerian pertanian untuk mengedepankan kepentingan rakyat. Utamanya soal harga bahan pokok yang samapai saat ini kondisinya stabil," katanya.

Sekedar diketahui, harga bawang merah di Pasar Senen saat ini mencapai Rp 35 ribu perkilogram. Sedangkan untuk bawang putih dijual dengan harga 45 ribu perkilogram. Adapun untuk harga cabai mengalami kenaikan 10 persen dari harga normal, dimana saat ini harganya mencapai Rp75 ribu perkilogram.

Sementara kisaran harga daging lokal saat ini berada di posisi normal, yakni Rp110 ribu hingga Rp 115 ribu. Hal itu juga terjadi pada harga beras yang berada di posisi Rp 12 ribu hingga Rp14 ribu perkilogram.



#SyahrulYasinLimpo #AgusSuparmanto

Komentar Anda
Komentar