Hello,

Reader

Dishub Jakbar Tindak Tegas Bus di Terminal Bayangan
Kepala Suku Dinas Perhubungan Jakarta Barat, Erwansyah
Dishub Jakbar Tindak Tegas Bus di Terminal Bayangan

Jakarta, HanTer - Kepala Suku Dinas Perhubungan Jakarta Barat, Erwansyah, meminta jajarannya untuk menindak tegas adanya terminal bayangan yang membuat lalu lintas macet. Hal ini menindaklanjuti arahan Kepala Dinas Perhubungan Pemprov DKI Jakarta Syafrin Liputo.

Dia mengatakan, hal ini sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan pada pasal 143 yang menyebutkan bahwa angkutan orang dengan Kendaraan Bermotor Umum dalam trayek (bus umum) wajib menaikkan atau menurunkan penumpang di Terminal.

Selain itu, dia juga menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk menggunakan Terminal Resmi bukan di Terminal Bayangan. 

"Selain menghimbau, kami juga mengajak masyarakat untuk tertib dan taat terhadap aturan, jika masyarakat taat aturan maka otomatis bus-bus juga akan taat dengan menaikkan atau menurunkan penumpang di terminal, tidak di sembarang tempat," kata dia.

Saat ini, dia mengaku masih ada tempat-tempat yang diam-diam dijadikan terminal bayangan untuk naik atau turunkan penumpang bus AKAP . 

Erwansyah menyebut keberadaan terminal bayangan ini tidak dibenarkan oleh undang-undang karena selain menimbulkan kemacetan, juga dapat membahayakan masyarakat.

Nantinya, bus yang menaikkan atau menurunkan penumpang di terminal bayangan akan ditilang, bahkan di Stop Operasikan. 

"Sesuai aturan dalam PP Nomor 80 Tahun 2012 tentang Tata Cara Pemeriksaan Kendaraan Bermotor di Jalan dan Penindakan Pelanggaran Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, pengemudi angkutan umum yang terbukti menaikkan atau menurunkan penumpang tidak pada tempatnya akan diberikan sanksi stop operasi," tegasnya.



#Dishub #terminal #bus

Komentar Anda
Komentar