Hello,

Reader

Gedung Putih Sambut Kedatangan Pemimpin Oposisi Venezuela
Pemimpin oposisi Venezuela Juan Guaido memberi isyarat selama pidato kenegaraan Presiden AS Donald Trump di Gedung Dewan AS di Washington
Gedung Putih Sambut Kedatangan Pemimpin Oposisi Venezuela

Caracas, HanTer - Gedung Putih mengatakan bahwa pihaknya akan menyambut pemimpin oposisi Venezuela Juan Guaido untuk mengunjungi Presiden AS Donald Trump, sehari setelah Trump dalam pidato nasionalnya yang mendukung upaya Guaido untuk menggulingkan Presiden Nicolas Maduro.

"Kunjungan itu adalah kesempatan untuk menegaskan kembali komitmen Amerika Serikat kepada rakyat Venezuela dan untuk membahas bagaimana kita dapat bekerja dengan Presiden Guaido untuk mempercepat transisi demokrasi di Venezuela yang akan mengakhiri krisis yang sedang berlangsung," kata Gedung Putih dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Reuters, Rabu (5/2/2020).

Pernyataan tersebut menyebut pemerintah Maduro "kediktatoran tidak sah" dan berjanji untuk "berdiri di samping rakyat Venezuela guna memastikan masa depan yang demokratis dan lebih sejahtera."

Guaido, presiden Majelis Nasional yang dikuasai oposisi, diakui sebagai presiden Venezuela yang sah oleh banyak negara termasuk Amerika Serikat. Selama hampir tiga minggu, ia telah melakukan tur internasional yang bertujuan untuk menggalang dukungan.

Guaido adalah seorang tamu di pidato State of the Union, Selasa, ketika Trump, seorang Republikan, memujinya sebagai "orang yang sangat berani yang membawa serta harapan, impian, dan aspirasi semua rakyat Venezuela." Guaido menerima tepuk tangan meriah dari anggota Kongres AS dari partai-partai Demokrat dan Republik.

Maduro telah mengawasi keruntuhan ekonomi di negara OPEC yang pernah makmur, dan telah dituduh melakukan korupsi dan pelanggaran hak asasi manusia. Dia menyebut Guaido boneka AS yang berusaha menggulingkannya dalam sebuah kudeta.


#Venezuela #JuanGuaido #GedungPutih #Washington #DonaldTrump

Komentar Anda
Komentar