Hello,

Reader

IRGC Tampilkan Puing Drone Canggih AS yang Ditembak Jatuh Tahun Lalu
Puing drone RQ-4A Global Hawk milik AS yang ditembak jatuh Iran
IRGC Tampilkan Puing Drone Canggih AS yang Ditembak Jatuh Tahun Lalu

Teheran, HanTer - Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC) untuk pertama kalinya pempublish reruntuhan pesawat pengintai Amerika yang sangat canggih yang ditembak jatuh pasukan elit Iran pada Juni lalu, karena melanggar wilayah udara Iran di selatan negara itu.

Dua video yang menampilkan puing-puing itu diterbitkan oleh Republik Islam Iran Broadcasting pada hari Kamis (6/2/2020), beberapa bulan setelah drone dikeluarkan dari perairan teritorial Iran di daerah Ra'as al-Shir di negara itu.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan pada 20 Juni 2019 lalu, IRGC mengatakan jika Angkatan Udaranya telah menjatuhkan RQ-4A Global Hawk buatan AS menggunakan sistem pertahanan udara Khordad-3 buatannya yang diproduksi sendiri.

IRGC mengatakan pesawat itu dibidik di dekat wilayah Kouh-e Mobarak yang terletak di distrik pusat Kabupaten Jask di Provinsi Hormozgan, setelah melanggar langit Iran.

Menurut pernyataan itu, pesawat terbang dari salah satu pangkalan Amerika di bagian selatan wilayah Teluk Persia pada pukul 00:14 waktu setempat, dengan transponder identifikasi dimatikan karena melanggar semua aturan penerbangan internasional.

Drone itu terbang secara diam-diam dari Selat Hormuz menuju kota pelabuhan Chabahar Iran, dan menyusup ke wilayah udara nasional sambil kembali ke barat Selat, kata pernyataan itu. Sementara di langit Iran, pesawat mulai mengumpulkan intelijen dan memata-matai, tambahnya.

Pesawat pengintai Global RQ-4 RQ-4 dapat terbang di ketinggian tinggi selama lebih dari 30 jam, mengumpulkan gambar beresolusi tinggi hampir real-time dari area tanah yang luas di semua jenis cuaca, kata pembuat Northrop Grumman di situs webnya.

IRGC juga menangkap drone ScanEagle AS di atas perairan Teluk Persia pada saat intrusinya memasuki wilayah udara Iran pada Desember 2012.

Pertahanan udara Iran juga menangkap drone AS RQ-170 Sentinel pada Desember 2011, yang terbang di atas kota Kashmar Iran, dekat perbatasan Afghanistan. Iran kemudian merekayasa ulang perangkat keras dan perangkat lunak pesawat untuk menyalin teknologinya. Hermansyah



#Drone #AmerikaSerikat #RQ-4AGlobalHawk #Iran

Komentar Anda
Komentar