Hello,

Reader

Survei Pilkada Tobasa, Poltak Sitorus Ungguli Pasangan Lain
Poltak Sitorus/ ist
Survei Pilkada Tobasa, Poltak Sitorus Ungguli Pasangan Lain

Medan, HanTer - Sebanyak 27O daerah akan menggelar pemilihan pemimpin secara serentak pada 23 September nanti. Salah satunya adalah Kabupaten Toba Samosir atau biasa dikenal dengan sebutan Tobasa. 

Siapa yang berpeluang jadi orang nomor satu di Tobasa? Beberapa lembaga survei dan polling sudah mulai coba memprediksinya. 

Salah satunya lembaga survei Indopolling Network yang memotret sosok berpeluang menduduki kursi nomor satu di kabupaten itu via surveinya.

Direktur Indopolling Network Wilhelmus Wempy mengatakan, survei dilakukan untuk mengukur seberapa banyak pemilih yang mengenal dan kemudian memilih kandidat. Termasuk wilayah, jenis kelamin, pendidikan, suku, agama, pendapatan dan sebagainya.

"Bagaimana perbandingan popularitas kandidat dibandingkan dengan kandidat lain. Seberapa mungkin popularitas, akseptabilitas dan elektabilitas kandidat bisa ditingkatkan, dan sebagainya," kata Wempy saat dihubungi wartawan, Kamis (13/2).

Menurut Wempy, ada 19 tokoh yang berpeluang bertarung di Pilkada Tobasa. Diantaranya Bupati petahana Darwin Siagian, Wakil Bupati petahana Hulman Sitorus  eks Bupati Tobasa Monang Sitorus, Sihar Sitorus, Djojor Tambunan, Dolok M. Panjaitan, Effendi Napitupulu, Robinson Tampubolon, Mangates Silaen dan pengusaha Poltak Sitorus.

"Survei dilakukan pada 5-12 Januari 2020. Jumlah sampel sebanyak 440 responden, dengan sampling error + 4.8 %," ucap Wempy.

Hasil survei menyebutkan, per Januari 2020, popularitas Darwin Siagian masih berada di posisi teratas dengan tingkat popularitas sebesar 98,4%. Disusul oleh Hulman Sitorus (84,3%); Poltak Sitorus (79,3%); Monang Sitorus (77,0%); Djojor Tambunan (63,9%); Mangatas Silaen (44,5%); Dolok M. Panjaitan (44,5%); Effendi Napitupulu (38,4%) dan Robinson Tampubolon (31,6%). Popularitas figur lainnya masing-masing masih dibawah 25%.

"Tapi dari sisi tingkat kesukaan, Poltak Sitorus berada di posisi teratas dengan tingkat kesukaan sebesar 63,9%. Disusul oleh Darwin Siagian 56,1%; Hulman Sitorus 53,9%; Djojor Tambunan 37,7%; Dolok M. Panjaitan 28,6%; Effendi Napitupulu 26,1%; Mangates Silaen 25,9% dan Robinson Tampubolon 20,7%," papar Wempy.

"Meskipun Darwin Siagian dari sisi popularitas unggul dibandingkan yang lain, namun dari sisi kesukaan Darwin Siagian masih dibawah Poltak Sitorus," sambungnya.

Pada pertanyaan terbuka, ternyata elektabilitas Poltak Sitorus berada di posisi teratas dengan 20,7%. Disusul oleh

Darwin Siagian (19,1%); Djojor Tambunan (6,1%); Dolok Panjaitan (5,2%); Monang Sitorus (3,9%); Tony Simanjuntak (2,3%); Hulman Sitorus (2,0%); Tota Manurung (1,6%) dan Effendi Napitupulu 1,4%. Sedangkan elektabilitas figur lainnya masing-masing masih dibawah dibawah 1%. 

Ketua Relawan Pasukan Tetap Jokowi (Pak Tejo), Tigor Doris Sitorus mengatakan, melihat hasil  survei Indopolling Network, ternyata  Poltak Sitorus merupakan sosok yang menonjol. 

Tigor menilai, meski bukan berlatar birokrat dan juga bukan seorang politisi, Poltak mendapat penerimaan yang baik dari masyarakat Tobasa. Bahkan mengalahkan petahana serta politisi lainnya. "Ini yang tercermin dari hasil survei terkait tingkat elektabilitas dan akseptabilitas," kata Tigor.

Tigor menambahkan dengan tingkat akseptabilitas  yang tinggi, menggambarkan tingkat penerimaan masyarakat kepada Poltak Sitorus cukup baik.  "Ini modal besar bagi Poltak Sitorus untuk menjadi pemimpin nomor satu di Tobasa. Karena secara teoritis, semakin diterima kehadiran seorang calon oleh publik, maka semakin besar peluangnya untuk menang," pungkas Tigor.
 


#Pilkada #Tobassa

Komentar Anda
Komentar