Hello,

Reader

Tanpa Naturalisasi, Waktunya Unjuk Kebolehan Pemain Lokal
Timnas basket Indonesia saat berlaga diajang IBL 2020
Tanpa Naturalisasi, Waktunya Unjuk Kebolehan Pemain Lokal

Jakarta, HanTer - Indonesia, bersama dengan Filipina dan Jepang, akan menjadi tuan rumah bersama penyelenggaraan Piala Dunia Basket FIBA tahun 2023 mendatang. Presiden Joko Widodo menyerukan kepada jajarannya untuk melakukan persiapan yang baik sejak dini secara komprehensif mulai dari perencanaan, penganggaran, kegiatan pra-event termasuk keamanan dan pengamanan, kesehatan, dan lainnya guna menyukseskan pergelaran internasional tersebut.

Hal tersebut ditegaskan Presiden Joko Widodo dalam ratas yang berlangsung Selasa lalu, di mana dirinya menuturkan bahwa terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggaraan menandakan kepercayaan dunia internasional kepada Indonesia. Hal tersebut harus dapat dimanfaatkan betul oleh Indonesia dengan sebaik-baiknya.

Namun sebelum berlaga di Piala Dunia, Indonesia harus melewati segenap pertandingan dan tidak serta merta menjadi kontestan di ajang tersebut, meski menyandang status sebagai penyelenggara atau tuan rumah. Tahapan pertama yang harus dilalui adalah tampil mengesankan di kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 yang berlangsung di Mahaka Arena, Kelapa Gading pada pekan ini.

Lolos ke FIBA Asia Cup 2021 wajib hukumnya buat Indonesia. Pasalnya, Indonesia hanya akan masuk ke FIBA World Cup 2023 jika finis minimal di peringkat 10 FIBA Asia Cup 2021. Kini, Arki cs tergabung di grup yang cukup berat pada Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021. Mereka berada di Grup A, bersama Filipina, Korea dan Thailand.

Ketua Umum PP Perbasi, Danny Kosasih sepakat dengan Presiden bahwa Indonesia harus memberikan hal terbaik, termasuk sukses penyelenggaraan dan prestasi. “Kita harus memberikan yang terbaik untuk Indonesia seperti yang ditegaskan oleh Bapak Presiden,” ucap Danny Kosasih dalam jumpa pers kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 di Mahaka Arena, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Rabu (19/2/2020).

Sementara itu, Timnas basket Indonesia pun kini bersiap menjalani dua laga pada tahap pertama kualifikasi ini di Britama Arena, Kelapa Gading, pada Kamis (20/2/2020) menghadapi Korea Selatan dan Minggu (23/2/2020) menjamu Filipina.

Minimal finis di peringkat tiga menjadi kesempatan terbaik Indonesia lolos ke FIBA Asia Cup 2021. Dari situ, Indonesia bakal masuk ke babak kedua kualifikasi melawan posisi tiga Grup B dan Grup C dalam satu grup yang sama. Dua teratas di babak kedua itu bakal masuk ke FIBA Asia Cup 2021.

Disisi lain, pelatih timnas basket Indonesia, Rajko Toroman, mengatakan kini saatnya melihat hasil dari latihan bersama yang dilakukan berbulan-bulan sejak tahun lalu. "Kami sudah siap dengan berbagai skenario yang kemungkinan terjadi di kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 tahap satu ini. Kami akan memberikan yang terbaik untuk Indonesia,” ucap coach Toro.
 
Untuk persiapan tim nasional Indonesia sendiri, saat ini skuat timnas diklaim dalam kondisi terbaik. Hal tersebut diungkapkan Fareza Maulana Tamrela, manajer timnas Indonesia. “Pada tahap pertama ini melawan dua negara yang di atas kertas memiliki kemampuan di atas Indonesia pastinya menjadi tantangan yang cukup berat buat timnas Indonesia. Namun kami berharap bisa mencuri satu kemenangan diantara dua pertandingan tersebut,” ucapnya.
 

Jelang menghadapi dua laga tersebut, terdapat 12 pemain yang akan mengisi skuat Timnas Indonesia. Dua diantaranya merupakan pemain muda. Sepuluh pemain diantaranya berasal dari tim Indonesia Patriots, nama Timnas Indonesia saat berlaga di IBL 2020, sementara dua lainnya merupakan pemain muda. "Kami akan menghadapi tahap pertama ini dengan 10 pemain Indonesia Patriots dan dua lainnya adalah Muhammad Arighi dan Derick Michael," ujar Fareza.

Kehadiran Araghi dan Derick Michael, dikatakannya merupakan buntut dari terlambat rampungnya proses naturalisasi terhadap Lester Prosper dan Brandon Jawato. Kondisi itu sekaligus memastikan Indonesia hanya mengandalkan pemain lokal di tahap pertama kualifikasi. "Semoga kami bisa berjuang dan mendapat hasil terbaik dengan segala kemampuan yang ada," pungkasnya. Hermansyah

Skuat Timnas Indonesia Tahap Pertama Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021:
1. Hardianus Lakudu
2. Kaleb Ramot Gemilang
3. Abraham Damar Grahita
4. Andakara Prastawa Dhyaksa
5. Laurentius Steven Oei
6. Kevin Yonas A. Sitorus
7. Derick Michael
8. Vincent R. Kosasih
9. Mei Joni
10. Muhammad Hardian Wicaksono
11. Muhammad Arighi
12. Arki Dikania Wisnu


#Basket #Perbasi #Kualifikasi #FIBAAsiaCup

Komentar Anda
Komentar