Hello,

Reader

LIB Tingkatkan Nilai Subsidi ke Klub
Cucu Sumantri selaku Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (ist)
LIB Tingkatkan Nilai Subsidi ke Klub

Jakarta, HanTer - PT Liga Indonesia Baru (LIB) meningkatkan nilai subsidi kepada seluruh klub yang berpartisipasi pada kompetisi Liga 1 musim 2020. Hal tersebut dikatakan Mayjen TNI (Purn) Cucu Sumantri selaku Direktur Utama PT LIB selaku operator kompetisi sepakbola tanah air.

Ia menuturkan pada musim ini, telah ada peningkatan terkait nominal subsidi yang diberikan kepada klub Liga dibanding musim lalu, yakni sebesar Rp200 juta. Sebelumnya, seluruh klub diguyur Rp5 miliar dan kali ini bertambah menjadi Rp5,2 miliar. Selain itu, ada penambahan ekstra terhadap dua kontestan dari 18 klub yang ada.

Kedua klub tersebut ialah Persiraja Banda Aceh dan Persipura Jayapura. Kedua klub yang berdomisili di ujung Barat dan Timur Indonesia mendapat kucuran tambahan Rp500 juta atau total Rp5,7 miliar. Ada alasan khusus mengapa hal itu dilakukan LIB kepada wakil Aceh dan Papua.

Itu tak lain karena letak geografis mereka yang cukup jauh. Terlebih ketika keduanya bermain di wilayah berlawanan. "Di Liga 1 Indonesia 2020, setiap klub mendapatkan subsidi Rp5,2 miliar. Namun, khusus Persiraja dan Persipura yang secara geografis jauh, kami menambahkan Rp500 juta menjadi Rp5,7 miliar,” kata Cucu saat memimpin manajer meeting antar klub di Jakarta, kemarin.

Sejatinya, selain subsidi untuk pembiayaan atau operasional klub selama kompetisi, PT LIB juga turut memberikan bantuan tambahan untuk program pembinaan pemain usia muda terhadap seluruh kesebelasan yang berpartisipasi. Dimana musim lalu setiap klub mendapat kucuran Rp2,5 miliar untuk tampil di Elite Pro Academy (EPA) Liga 1.

Namun saat ini Cucu belum bisa menerapkan besaran angka yang akan diberikan terhadap masing-masing klub. Kendati begitu, pria yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Umum PSSI ia berharap akan ada peningkatan subsidi dibanding musim lalu. "Kami akan koordinasikan dahulu ke PSSI. Kami mengupayakan ada peningkatan,” jelasnya.

Seperti diketahui, gelaran kompetisi Liga 1 musim 2020 akan bergulir pada 29 Februari dan dijadwalkan berakhir pada 31 Oktober 2020. Ada 18 tim peserta kompetisi bergengsi tanah air musim ini, termasuk tiga klub promosi dari Liga 2, yakni Persik Kediri, Persita Tangerang dan Persiraja Banda Aceh.



#ptlib #operator #kompetisi #liga1 #subsidi #klub #cucusumantri #pssi

Komentar Anda
Komentar