Hello,

Reader

Indonesia Dipercaya Gelar Balap Sepeda ala Tour de France
Tour de France (ilustrasi/ist)
Indonesia Dipercaya Gelar Balap Sepeda ala Tour de France

Jakarta, HanTer - Indonesia berkesempatan untuk menjadi tuan rumah kali pertama menggelar lomba balap sepeda bertaraf internasional dengan tajuk L'Etape Indonesia 2020. Ajang ini sendiri mengusung konsep balap ala Tour de France yang sudah tak asing di telinga pelaku olahraga balap sepeda dunia.

Gelaran L’Etape Indonesia by Tour de France dipersembahkan oleh penyelenggara Tour de France A.S.O (Amaury Sport Organization) yang bekerja sama dengan promotor olahraga asal Indonesia Rocca. Lomba balap sepeda ini dijadwalkan akan digelar di area Kuta Mandalika, Lombok, 5 April mendatang.

Indonesia sendiri menjadi negara ke-13 yang dipercaya menggelar lomba bertaraf internasional tersebut. Sebelumnya ada beberapa negara yang lebih dulu menggelar L'Etape, seperti Kolombia, Swiss, Amerika Serikat, Meksiko, China, Australia dan Thailand. 

Zacky Badrudin selaku Event Direktur L'Etape Indonesia by Tour de France menuturkan saat ini pihaknya telah mencatat lebih dari 1300 peserta mendaftarkan diri untuk meramaikan gelaran tersebut. Ia pun mematok target 1500 peserta pada edisi pertamanya.

Sesi foto jumpa pers L'Etape Indonesia di Jakarta, Rabu (26/2/2020)

“Tour de France sebagai salah satu lomba balap sepeda legendaris di dunia menarik minat jutaan penggemar balap sepeda untuk merasakan sensasi lomba secara langsung baik dari lokal maupun internasional, saat ini sudah ada hampir 20 negara yang terdaftar mengikuti acara ini," kata Zacky dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu (26/2/2020) kemarin.

"Rocca sebagai promotor & sport management olahraga di Indonesia mencoba menghadirkan sensasi balap sepeda ala Tour de France untuk pehobi dan komunitas sepeda di Indonesia melalui L’Etape Indonesia by Tour de France,” sambungnya.

Ada dua kategori yang dilombakan dalam L'Etape Indonesia 2020, yakni 135 km dan 80 km. Pilihan dua jarak lomba ini untuk memberikan sensasi lebih kepada para peserta ala Tour de France sekaligus menawarkan pengalaman lebih untuk menikmati kekayaan alam di Indonesia, khususnya Lombok.

Kepala Dinas Pariwisata NTB, Lalu Moh Faozal mengaku ajang L'Etape Indonesia berpotensi mengangkat sport tourism di Lombok. Apalagi lokasinya tidak jauh dari Sirkuit Mandalika yang diproyeksikan menjadi salah satu tuan rumah MotoGP 2021.

"Kami sudah menyiapkan semuanya, baik venue dengan trek terbaiknya dan kami sudah cek rute, unsur pendukung juga sudah siap. Begitu juga dengan shuttle bus dari bandara sampai ke Mandalika untuk peserta maupun wisatawan selama pelaksanaan event. Semuanya sudah siap dari hal balapan sampai pariwisata," katanya ditempat yang sama.



#letapeindonesia #tourdefrance #balapsepeda #mandalika #lombok #rocca #ntb

Komentar Anda
Komentar