Hello,

Reader

UEFA Mulai Cari Solusi Ihwal Gelaran Piala Eropa 2020
London akan menjadi salah satu tuan rumah Piala Eropa 2020 (ist)
UEFA Mulai Cari Solusi Ihwal Gelaran Piala Eropa 2020

Nyon, HanTer - Federasi tertinggi sepakbola Eropa atau UEFA mulai dipusingkan setelah hajat besar mereka bertajuk Piala Eropa 2020 terancam batal. Sebelumnya UEFA menjamin gelaran turnamen sepakbola empat tahunan antar negara di benua biru tetap berjalan meski adanya wabah virus corona.

Akan tetapi seiring berjalannya waktu, penyebaran virus bernama Covid-19 yang bersumber dari Wuhan, China, begitu masif. Hampir seluruh negara di benua biru terkena dampak. Italia menjadi negara terbanyak yang terjangkit positif virus tersebut.

Menyikapi hal tersebut, UEFA pun terus bergerak guna mencari opsi dan solusi terkait jadi atau tidaknya gelaran Piala Eropa 2020 yang dijadwalkan bergulir di 12 negara. Seperti dilansir laman The Sun, Kamis (12/3/2020), dikabarkan bahwa UEFA sedang mengkaji untuk menunda gelaran tersebut selama satu tahun.

Dengan demikian, jadwal yang semula mulai bergulir pada Juni hingga Juli 2020 akan bergeser di tahun depan. The Sun melaporkan, hal itu tak lepas akibat adanya desakan dari beberapa federasi sepakbola negara di Eropa agar kiranya hajat empat tahunan tersebut ditunda sementara waktu.

Begitu pun dengan surat kabar Italia, Tuttosport. Dalam headlinenya, terpampang judul bahwa sebagian besar negara telah meminta UEFA untuk menunda gelaran yang berlangsung pada musim panas nanti. Akan tetapi belum ada keputusan resmi dari Aleksander Ceferin terkait penundaan tersebut.

Bahkan salah satu juru bicara UEFA yang di rahasiakan identitasnya mengatakan bahwa agenda akan tetap berjalan sesuai jadwal. "Kami tidak menerima satu pun permintaan dari asosiasi sepakbola nasional untuk menunda turnamen ini," demikian kata sumber seperti dikutip The Sun, Kamis (12/3/2020) kemarin.

Seperti diketahui, Piala Eropa 2020 mengusung konsep seperti tak biasa. Dimana kejuaraan tersebut akan dimainkan di 12 negara yang berbeda dalam rangka peringatan ulang tahun ke-60 turnamen tersebut. Dan Italia menjadi salah satu negara tuan rumah yang berpusat di Roma.

Akan tetapi untuk saat ini negara tersebut melakukan isolasi total setelah penyebaran virus corona yang begitu masif di wilayah mereka. Semua kegiatan umum dilarang pemerintah setempat, seperti bioskop, bar, gimnasium. Kemudian seremoni pemakaman dan pernikahan juga olahraga, termasuk Serie-A turut ditunda.

CONMEBOL Bergerak
Setali tiga uang. Hal yang sama juga dilakukan CONMEBOL selaku federasi tertinggi sepakbola Amerika Selatan. Mereka meminta FIFA untuk menghentikan sementara babak kualifikasi Piala Dunia 2022 Qatar demi mengedepankan keamanan dan kesehatan seluruh pemain sepakbola, khususnya dari seluruh negara tersebut.

Dilansir laman AFP, CONMEBOL telah berkirim surat terhadap FIFA selaku federasi tertinggi sepakbola dunia. "CONMEBOL telah meminta FIFA untuk menangguhkan awal kualifikasi Piala Dunia yang dijadwalkan akhir Maret," demikian sepenggal kalimat dalam surat tersebut.



#coronavirus #pialaeropa2020 #tunda #uefa #pialadunia2022 #conmebol

Komentar Anda
Komentar