Hello,

Reader

FIGC Desak UEFA Tunda Piala Eropa 2020
Kantor UEFA (ilustrasi/ist)
FIGC Desak UEFA Tunda Piala Eropa 2020

Nyon, HanTer - Federasi tertinggi sepakbola Italia (FIGC) menjadi asosiasi pertama yang menyerukan kepada UEFA selaku induk tertinggi sepakbola Eropa untuk mengkaji rangkaian kalender turnamen di tahun ini. Bukan hanya ihwal penundaan Liga Champions dan Liga Europa, melainkan juga Piala Eropa 2020.

Hal tersebut dikatakan langsung Presiden FIGC Gabriele Gravina. Ia meminta UEFA untuk menunda Piala Eropa terkait merebaknya virus corona atau covid-19. Apalagi Italia sebagai salah satu tuan rumah penyelenggara, saat ini menjadi negara terbanyak di benua biru terkait penyebaran virus tersebut.

“Kami menunggu pertemuan UEFA pada Selasa nanti (Rabu WIB -red) dan proposal dari Presiden (UEFA -red) Aleksandr Ceferin. Kami adalah pihak pertama yang menyarankan jadwal laga internasional (Piala Eropa 2020 -red) untuk direvisi," ujar Gravina, kemarin.

Di tempat terpisah, salah satu Anggota Komite Eksekutif (Exco) UEFA Evelina Christillin mengatakan badan pemerintahan sedang "mengevaluasi" apakah akan menunda Euro 2020 karena wabah virus corona atau tetap melanjutkan sesuai jadwal. Namun ada indikasi bahwa gelaran empat tahunan itu ditunda satu tahun.

Christillin mengatakan kepada Il Mattino bahwa Piala Eropa, yang akan dimulai pada 12 Juni, bisa dipindahkan ke musim panas mendatang sebagai gantinya. Lain cerita dengan Liga Champions dan Liga Europa yang akan tetap dilanjutkan di tahun ini.

Tidak ada penundaan dalam menangguhkan Liga Champions dan Liga Europa, karena UEFA adalah konfederasi dan tidak mungkin bertindak sepihak. Saya tidak menafsirkan pemikiran orang lain di Exco," kata dia dikutip Bleacher Report, Minggu (15/3/2020) kemarin.

"Tetapi saya yakin itu adalah kesempatan yang tepat untuk menyisakan waktu bagi liga nasional untuk menyimpulkan, menunda Piala Eropa selama satu tahun. Karena itu kami sedang mengevaluasi apakah akan menunda Euro 2020 hingga tahun depan," sambung dia.

Seperti diketahui, pandemi virus corona telah menyebabkan penangguhan sepakbola tingkat atas di seluruh Eropa. Diantaranya kompetisi bergengsi di lima negara seperti Serie-A (Italia), La Liga (Spanyol), Premier League (Inggris), Bundesliga (Jerman) dan Ligue 1 (Perancis).



#Figc #pialaeropa2020 #ditunda #uefa #covid-19 #pandemi #viruscorona

Komentar Anda
Komentar