Hello,

Reader

Olahraga Profesional Tanah Air Diminta Rehat
PSSI menggelar Extraordinary Meeting bersama perwakilan klub Liga 1 & 2 di Jakarta untuk menangguhkan kompetisi selama dua pekan kedepan (ilustrasi/ist)
Olahraga Profesional Tanah Air Diminta Rehat

Jakarta, HanTer - Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) meminta kepada seluruh cabang olahraga (cabor) untuk menghentikan sementara aktivitasnya. Hal itu dimaksud untuk menekan penyebaran pandemi global virus corona alias Covid-19 di Tanah Air.

Bila imbauan tersebut diabaikan sejumlah cabor, BOPI akan bersikap tegas dengan mencabut izin rekomendasi. "Ya jika ada yg terus menggelar kegiatan yg melibatkan banyak orang di event apapun yg sudah kami Rekomendasi kan, akan kami cabut," kata Ketua BOPI Richard Sam Bera kepada Harian Terbit, kemarin.

Saat ini beberapa turnamen telah di hentikan sejumlah cabor. Pertama ialah kompetisi Bola Basket (IBL), lantaran mewabahnya pandemi virus corona yang mulai masuk ke Indonesia. Kemudian, langkah serupa ditempuh Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) untuk menghentikan sementara kompetisi Liga 1 dan 2.

"Kami bersama LIB mengadakan Extra Ordinary Meeting untuk menyikapi arahan dari pemerintah, yaitu Bapak Presiden (Joko Widodo -red) berkaitan dengan semua kegiatan yang menimbulkan keramaian massa supaya bisa diberhentikan," kata Komjen Pol M Iriawan selaku Ketum PSSI usai menggelar Extraordinary Meeting bersama perwakilan klub Liga 1 & 2 di Jakarta, kemarin.

"Pada hari Sabtu kemarin kami sudah melakukan diskusi bersama Menpora (Zainudin Amali -red), Direktur LIB dan seluruh Exco yang ada untuk memutuskan menghentikan Liga 1 dan Liga 2, terhitung mulai Minggu kemarin."

"Hari ini (Senin kemarin -red) kami mengumpulkan manajer Liga 1 dan Liga 2 untuk menyamakan persepsi kembali, meskipun secara komunikasi mereka sudah tidak ada masalah, tetapi dalam hal ini kami kumpulkan secara formal," jelas pria yang karib disapa Iwan Bule itu.

Lain cerita dengan kompetisi bola voli nasional bertajuk Proliga 2020. Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) memutuskan untuk melanjutkan kompetisi tertinggi mereka setelah mendapat restu dari pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pemuda dan Olahrag (Kemenpora), beberapa waktu lalu.

Dimana PBVSI akan menggelar pertandingan fase Final Four Proliga 2020yang direncanakan dihelat tanpa penonton di Padepokan Voli, Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, setelah mempertimbangkan eskalasi penyebaran virus corona di Indonesia.

"Setelah itu (libur -red), rencana sisa pertandingan dipindah ke Padepokan Voli di Sentul tanpa penonton sambil melihat situasi dan perkembangan wabah Covid-19," ujar Direktur Proliga, Hanny S. Surkatty seperti dikutip Antara, kemarin.

BERIKUT 6 POINTER IMBAUAN BOPI:
1. Menghimbau seluruh kegiatan pertandingan event olahraga profesional yang melibatkan berkumpulnya orang banyak untuk saat ini dibatalkan atau sekurang-kurangnya ditunda sampai keadaannya memungkinkan.
2. BOPI akan menarik kembali surat Rekomendasi penyelenggaraan event olahraga profesional yang telah diterbitkan jika pihak penyelenggara tidak mematuhi arahan Pemerintah terkait pencegahan penyebaran Covid-19.
3. Memantau terus perkembangan penyebaran Covid-19 dengan berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan RI, Pemerintah Daerah, serta Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 pada saatnya nanti berencana memulai kembali aktivitas event olahraga profesional.
4. Mendorong klub-klub profesional dan individu profesional olahraga untuk menjalankan tes indikasi Covid-19 secara terstruktur organisasi maupun secara pribadi, sebagai bentuk dari tanggung jawab kita kepada kemanusiaan.
5. Meminta pihak-pihak ketiga yang bekerjasama dengan liga-liga profesional dan/atau event olahraga profesional, untuk dapat memaklumi, mengerti dan memberikan keringanan dari efek finansial yang mungkin muncul dari penundaan atau bahkan pembatalan liga atau event olahraga profesional.
6. Khusus bagi Liga 2 tahun 2020 Indonesia, BOPI berharap PT Liga Indonesia Baru selaku operator Liga, mempergunakan waktu penundaan kegiatan liga ini untuk menyelesaikan masalah penunggakan gaji klub peserta Liga 2 tahun 2020 kepada para pemain, sehingga Rekomendasi BOPI yang belum keluar dapat segera diterbitkan sebelum Liga 2 tahun 2020 dimulai kembali pada saat yang memungkinkan.



#Bopi #covid-19 #cabor #turnamen #kompetisi #stop #sanksi #liha1 #ibl #proliga #corona #pandemi

Komentar Anda
Komentar