Hello,

Reader

BKPM Klaim Animo Investor Tak Menurun
ilustrasi. (Ist)
BKPM Klaim Animo Investor Tak Menurun

Jakarta, HanTer - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) memastikan animo investor untuk menanamkan modal di Indonesia tak turun di tengah mewabahnya Virus Corona jenis baru atau COVID-19.

Komite Investasi Bidang Komunikasi dan Informasi BKPM Rizal Calvary Marimbo, mengatakan keyakinan itu berdasarkan data penerbitan Nomor Induk Berusaha (NIB) yang rata-rata masih sekitar seribuan per hari.

Hingga Jumat (20/3) pukul 12.00 WIB, tercatat BKPM telah menerbitkan 1.078 NIB dengan izin usaha sebanyak 3.314. "Kita cek di dashboard command center BKPM, ternyata animo investor tidak menurun," kata Rizal dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (21/3/2020).

Menurut Rizal, yang unik dalam beberapa bulan terakhir, kendati isu Virus Corona mewabah ke berbagai negara, animo investor untuk berinvestasi di Tanah Air tidak menurun. Bahkan, investor juga mencari NIB ke BKPM, bahkan pada hari libur baik Sabtu dan Minggu. "Rata-rata di atas 100 NIB saat libur," katanya.

Sesuai Inpres Nomor 7 Tahun 2019 tentang Percepatan Kemudahan Berusaha, setelah memperoleh NIB investor tidak lagi mengurus sendiri izin-izin di kementerian dan lembaga lantaran perizinan sektoral lainnya sudah berada di bawah tanggung jawab BKPM.

"Saat ini sebanyak 22 kementerian dan lembaga sudah berkantor di BKPM. Jadi, masuk dan keluarnya sudah di BKPM. Tidak usah lagi investor mondar-mandir sendirian atau keluyuran ke kementerian lainnya. Masuk di BKPM dan keluar juga di BKPM," pungkas Rizal.

Sementara itu, Bank Indonesia mencatat, selama 2020, nonresiden di pasar keuangan domestik tercatat net jual Rp105,14 triliun (termasuk data crossing saham), terutama dikontribusi dari pasar SBN (Surat Berharga Negara).

Dari data tersebut pada 16-19 Maret 2020, nonresiden di pasar keuangan domestik net jual Rp28,60 triliun. Di mana, net jual di pasar SBN sebesar Rp26,94 triliun dan di pasar saham sebesar Rp1,66 triliun. Sementara itu, untuk berdasarkan data setelmen 16-19 Maret 2020, nonresiden di pasar keuangan domestik net jual Rp37,83 triliun. 



#bkpm #investasi #modal

Komentar Anda
Komentar