Hello,

Reader

Olimpian Indonesia Apresiasi Langkah IOC dan Jepang
Richard Sam Bera (ist)
Olimpian Indonesia Apresiasi Langkah IOC dan Jepang

Jakarta, HanTer - Keputusan bersama yang diambil oleh pemerintah Jepang dan Komite Olimpiade Internasional (IOC) untuk menangguhkan sementara gelaran olahraga multi event empat tahunan terbesar dunia, yakni Olimpiade Tokyo 2020 selama satu tahun mendapat apresiasi dari Indonesia.

Salah satunya dari mantan atlet atau Olimpian Indonesia yang telah mengarungi Olimpiade sebanyak tiga kali, yakni Richard Sam Bera. Mantan perenang andalan Indonesia di era 1990-an itu menilai keputusan pemerintah Jepang dan IOC merupakan sebuah langkah tepat.

"Keputusan bersama Pemerintah Jepang, IOC dan Penyelenggara Olimpiade Tokyo 2020 tanggal 24 Maret 2020 untuk menunda Olimpiade musim panas tahun ini adalah sebuah keputusan yang tepat," kata Richard dalam keterangan tertulis kepada Harian Terbit, Rabu (25/3/2020) kemarin.

Menurut dia, saat ini, prioritas utama seluruh pemerintahan di dunia adalah keselamatan semua orang dari ancaman penyebaran virus corona alias Covid-19, yang penyebarannya masih belum bisa di prediksi kapan akan berakhir.

Memang, lanjut Richard, penangguhan gelaran Olimpiade pada tahun depan tentu saja turut mengecewakan ribuan atlet, pelatih dan staf kontingen dari berbagai negara yang telah mempersiapkan diri dalam beberapa tahun terakhir, termasuk Indonesia.

Akan tetapi di sisi lain, untuk para korban dan keluarga korban yang terkena dampak langsung dari virus corona ini, tentunya lebih menyakitkan. "Mudah-mudahan pandemi virus Corona ini akan cepat berlalu dan dunia bisa kembali beraktivitas seperti biasa dalam waktu dekat," sambungnya.

"Saya tidak sabar menunggu tahun 2021 dimana seluruh atlet, pelatih dan ofisial dari seluruh dunia dapat berkumpul di Tokyo dalam suasana yang lebih tenang dan lebih menggembirakan, sehingga dapat kembali menginspirasi kita semua. Akan tetapi untuk saat ini, saya harap kita bisa tetap bersatu bersama melawan pandemi Covid-19 ini."

"Jaga diri kita masing-masing dan orang-orang di sekitar kita. Terapkan disiplin diri untuk tetap di rumah, bekerja di rumah, berolahraga di rumah dan beribadah di rumah. Dukung terus kerja Pemerintah dalam upaya penanganan penyebaran Covid-19 ini," pungkasnya.

Seperti diketahui, pada masanya, Richard Sam Bera menjadi tulang punggung Indonesia di pentas dunia, melalui olahraga renang. Ia telah tiga kali berpartisipasi di Olimpiade, yakni 1988 Seoul, 1996 Atlanta dan 2000 di Sydney.



#Richardsambera #olimpian #olimpiade #tokyo #2020 #2021 #tunda #ioc #jepang

Komentar Anda
Komentar