Hello,

Reader

Sangat Berduka, Menpora Sebut Bob Hasan Tokoh Berdedikasi Penuh untuk Olahraga Indonesia
Menpora Zainudin Amali (kanan) saat menyambangi pelatnas atletik di Stadion Madya beberapa waktu lalu didampingi oleh Ketua PASI (alm) Bob Hasan
Sangat Berduka, Menpora Sebut Bob Hasan Tokoh Berdedikasi Penuh untuk Olahraga Indonesia

Jakarta, HanTer - Olahraga Indonesia kembali berduka setelah Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) Bob Hasan meninggal dunia di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Jakarta, Selasa (31/3/2020) siang.

Pria yang sangat konsen dengan cabang olahraga atletik itu meghembuskan nafasnya yang terakhir pada pukul 11.00 WIB dalam usia 89 tahun dengan memiliki riwayat penyakit kanker, bahkan dirinya telah menjalani perawatan secara intensif sejak tiga bulan terakhir dan bukan lantaran wabah Covid-19.

Mendengar kabar duka ini, orang nomor satu di olahraga Indonesia, Menpora Zainudin Amali sangat berduka atas berpulangnya Mohammad Hasan atau yang akrab disapa Bob Hasan. Dirinya merupakan tokoh yang amat populer di seantero Nasional, khususnya dunia atletik nasional.

Menpora Zainudin Amali bercerita, di mana dirinya sempat melakukan komunikasi via telpon dengan almarhum sebulan yang lalu, saat Bob Hasan masih berobat di Thailand. "Banyak yang ia kisahkan dan membuat kekaguman saya semakin tinggi," tutur Menpora Zainudin Amali.

Lebih lanjut, Menteri asal Partai Golkar itu juga mengatakan jika jasa Bob Hasan untuk olahraga Indonesia sangat luar biasa, khususnya untuk cabor atletik. "Itu sebabnya, tiga hari setelah saya dilantik menjadi Menpora, saya langsung bergerak ke pelatnas atletik yang sedang persiapan untuk ke SEA Games, Manila, Philippina," tambah Menpora.

"Harapan saya bertemu dengan Pak Bob, diijabah Allah. Saya bersyukur bertemu dan bisa ngobrol lama, sekitar 1 jam. Beliau cerita panjang lebar tentang suka-duka mengurus cabor khususnya atletik. Kekaguman saya makin bertambah, sehingga dalam hati saya mengatakan hebat sekali bapak tua yang satu ini," terang Menpora.

"Bayangkan, di usianya yang sudah semikian uzur, beliau masih mau tiap hari datang ke lapangan. Datang ke Stadion Madya Senayan untuk menemani pelatih, atlet dan pengurus cabor. Tidak ada rasa lelah atau bosan. Semua itu bukti panggilan jiwa beliau dan dedikasi. Sungguh luar biasa Pak Bob," Zainudin Amali mengakui.

Menteri kelahiran Gorontalo itu juga mengatakan bahwa dunia olahraga Indonesia sangat beruntung memiliki orang seperti Pak Bob Hasan. "Jika bukan untuk olahraga gak mungkin Beliau ada di lapangan. Jujur, tak banyak orang yang mau seperti dia," kenangnya. 

"Ya, di saat banyak orang tua seusia Beliau, sudah memilih untuk di rumah, beristirahat dan bercengkrama dengan cucu dan cicit, namun Pak Bob masih memilih jalan ini. Pak Bob sepertinya telah memilih pengorbanan dan pengabdiannya di jalur olahraga ini," nilai Menpora.

"Sungguh, ketika memperoleh kabar Beliau berpulang, ada kepedihan menghujam dada saya. Kepedihan telah kehilangan tokoh yang berdedikasi penuh untuk dunia olahraga nasional sekaligus orang tua dan mentor yang luar biasa," ungkap Zainudin Amali.

Menpora juga menuturkan jika almarhum berkeinginan berkunjung kekantornya sepulangnya berobat dari Thailand. Tapi harapan itu tidak kesampaian. Allah telah lebih dulu memanggilnya. Suara dan wajah Pak Bob, masih terus melintas hingga saat ini.

"Masih terngiang di telinga saya keingingannya untuk mampir ke kantor saya, Kemenpora. "Nanti setelah pulang (dari Thailand) saya mau mampir ke kantor Menpora ya," kata Pak Bob. "Saya ingin kita ngobrolin soal olahraga kita secara menyeluruh" sambungnya dari ujung telpon," tutur Menpora.

"Selamat jalan Pak Bob Hasan, semoga seluruh kebaikanmu menjadi tabungan di akhirat kelak. Semoga jalanmu menuju Sang Khalik dimudahkan dan dilancarkan. Dan seluruh khilafmu diampuni, aamiin. Selamat jalan Bapak Atletik Indonesia," doa Menpora.

"Saya dan tentu seluruh masyarakat di tanah air khususnya seluruh stackholders olahraga pasti merasakan kesedihan yg mendalam dan kehilangan atas kepergian Beliau menghadap keharibaan sang penciptanya. Sekali lagi, selamat jalan Pak Bob Hasan," pungkas Menpora.


#Menpora #ZainudinAmali #Kemenpora #BobHasan #Meninggal

Komentar Anda
Komentar