Hello,

Reader

Begini Keluhan Perawat Tangani Para Pasien Covid-19
Begini Keluhan Perawat Tangani Para Pasien Covid-19

Jakarta, HanTer - Perawat adalah ujung tombak penanganan pasien di berbagai rumah sakit, yang pekerjaan sangat beresiko. Sehingga tidak sedikit perawat juga kena imbas atau ikut tertular wabah.

Seorang perawat di Rumah Sakit Pusat Infeksi atau RSPI Sulianti Saroso, Nurdiansyah, mengusulkan waktu kerja khusus untuk para tenaga medis yang menangani pasien Covid-19. Menurutnya, hal ini untuk memberi kesempatan tenaga medis untuk melakukan hal-hal lain di luar pekerjaan yang mereka tangani saat ini.

"Kalau bisa, pemerintah adakan waktu untuk kita bekerja tidak seperti biasa. Misalnya, 14 hari kerja, 14 hari libur," kata Nurdiansyah dalam konferensi pers di Gedung Graha BNPB, Minggu 19 April 2020.

Dia menuturkan, selama bersama rekan-rekannya bekerja seperti saat belum terjadi pandemi Covid-19. Hal ini lantaran tak ada kebijakan merubah pola waktu kerja bagi mereka yang menangani pasien coronavirus.

Menurutnya, hal ini membuat dia tak bisa bertemu keluarga untuk mencegah penularan coronavirus. "Jujur saya sudah sebulan lebih tidak bertemu dengan orang tua. Saya khawatir, karena orang tua saya memiliki penyakit penyerta (komorbid)," tutur Nurdiansyah.

Meski demikian, Nurdiansyah tetap mengapresiasi pemerintah karena telah menyediakan fasilitas yang layak bagi para petugas medis selama merawat pasien-pasien Covid-19.

"Alhamdullilah pemerintah sudah memberikan penginapan untuk teman-teman agar bisa transit dan beristirahat," terangnya.

Nurdiansyah juga mengimbau agar seluruh lapisan masyarakat dapat terlibat akktif mencegah penularan Covid-19. Dia mengatakan, upaya penanganan wabah corona tidak dapat hanya dilakukan oleh pemerintah. Peran serta masyarakat di antaranya dapat dilakukan dengan mengikuti anjuran serta aturan yang sudah ditetapkan.

"Tolong lakukan pencegahan. Satu-satunya solusi Covid-19 adalah pencegahan. Jadilah garda terdepan, karena garda terdepan adalah masyarakat, yang artinya kita semua," ungkapnya.

 

 



#keluhan #tim #medis #corona

Komentar Anda
Komentar