Hello,

Reader

Sopir Taksi dan Angkot Juga Butuh Bantuan;
Sopir Taksi dan Angkot Juga Butuh Bantuan; "Kok MPR Pedulinya Sama Ojol Doang…"

Program donasi "MPR RI Peduli Lawan COVID-19" melakukan pengumpulan donasi untuk membantu ojek online (ojol) dalam bentuk voucher pulsa dinilai tidak adil. Pasalnya, yang perlu bantuan saat ini tidak hanya ojol juga sopir taksi, angkot, dan kaum marginal lainnya.

"Kok Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) pedulinya sama Ojol saja memangnya rakyat Indonesia cuma ojol doang, masih ada sopir taksi, angkot dan kaum marginal lainnya yang sangat membutuhkan bantuan," ujar seorang warga.

Pengamat politik, Rusmin Effendi mengatakan, program MPR itu terkesan ojol dimanjakan sementara banyak sektor lain yang kondisinya lebih parah dari ojol. "Harusnya pemerintah memayungi dan melindungi semua sektor yang berdampak Corona, seperti UMKM, sopir angkot, sopir taksi dan nelayan. Sehingga MPR bisa hadir untuk semua bukan hanya untuk satu sektor."

Ketua Umum Badan Relawan Nusantara (BRN) Edysa Girsang juga mempertanyakan, MPR yang memanjakan satu sektor yakni hanya ojol. Sehingga terkesan MPR saat ini hanya EO (event organization) hajatan yang bekerja berdasarkan sponsor. Padahal dikala wabah virus Corona saat ini ada banyak sektor yang berdampak sehingga bukan hanya ojol saja.

"Saya yakin di Kepala Ketua MPR tahu bahwa yang berdampak akibat virus Corona itu menyeluruh dan yang paling berdampak sekali adalah rakyat kelas paling bawah secara ekonomi," jelasnya.

Edysamengemukakan, seharusnya kebutuhan ojol ditangani oleh Gojek maupun Grab termasuk driver mobil online. Kenapa mobil tidak? Atau yang lain tidak? Jelas jalan pikiran Ketua MPR dan kawan-kawannya yang salah," paparnya.

Diketahui saat ini pengguna Telkomsel kini bisa mendonasikan pulsanya kepada driver ojek online (Ojol) yang secara ekonomi terdampak. Sumbangan ini merupakan bagian dari Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) bersama Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) melalui program donasi “MPR RI Peduli Lawan COVID-19”.

Tak hanya Telkomsel, MPR juga menggandeng Gojek dan Kitabisa dalam pengumpulan donasi tersebut. Nantinya dana yang terkumpul disalurkan bentuk voucher pulsa untuk meringankan beban biaya sehari-hari, mengingat layanan telekomunikasi merupakan salah satu kebutuhan pokok para mitra Gojek saat bekerja.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengatakan, dalam kerangka menggugah solidaritas serta semangat gotong royong kebangsaan, MPR menginisiasi program MPR Peduli Lawan COVID-19 dengan donasi pulsa bagi para pengemudi online, merchant UMKM dan penyedia jasa online lainnya sebagai salah satu elemen masyarakat yang terdampak.

Sementara, Direktur Human Capital Management Telkomsel, Irfan A. Tachrir menyambut baik kolaborasi bersama MPR, BPIP, Kitabisa dan Gojek dalam memperkuat sikap gotong royong antar lini. 

Untuk memberikan donasi itu, pelanggan Telkomsel bisa melalui menu akses UMB *811#, dengan pilihan denominasi 5.000 hingga 25.000 dari deposit prabayar (pulsa) atau pembebanan tagihan pascabayar pelanggan Telkomsel. Selain itu, masyarakat juga bisa berdonasi melalui layanan GoGive yang mudah diakses oleh pengguna di aplikasi Gojek, yang menawarkan opsi donasi mulai dari Rp1.000.



#Bantuan #ojol #ojekonline #sopir #taksi #angkot #MPR

Komentar Anda
Komentar