Hello,

Reader

PM Australia Serukan Semua Anggota WHO Harus Mendukung Penyelidikan Virus Corona
Perdana Menteri Australia Scott Morrison
PM Australia Serukan Semua Anggota WHO Harus Mendukung Penyelidikan Virus Corona

Sydney, HanTer - Perdana Menteri Australia Scott Morrison, pada Kamis (23/4/2020), menyerukan kepada semua negara anggota Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), harus mendukung penyelidikan independen terkait pamdemi Coronavirus. Seruan itu sekaligus mengancam hubungan tegang antara Australia dengan China.

Australia telah menjadi salah satu negara pengritik paling kuat terhadap Beijing atas penanganan penyebaran virus Corona yang menyebabkan penyakit Covid-19, di mana Morrison mendesak beberapa pemimpin dunia untuk mendukung penyelidikan internasional tentang asal-usul dan penyebarannya, serta tanggapan WHO.

Seperti diketahui, wabah Coronavirus berasal dari Cina dan telah menyebar dan menginfeksi sekitar 2,3 juta orang di dunia dan menewaskan hampir 160.000, meskipun angka-angka ini dianggap kurang tepat, lantaran data tidak lengkap dari China.

Morrison mengatakan semua anggota WHO harus diwajibkan untuk berpartisipasi dalam penyelidikan, menambahkan bahwa Australia akan mendorong penyelidikan dipertemuan WHO pada 17 Mei.
"Kami ingin dunia menjadi lebih aman dalam hal virus. Saya berharap negara lain mana pun, baik China atau siapa pun, akan berbagi tujuan itu," kata Morrison kepada wartawan di Canberra.

China adalah mitra dagang terbesar Australia, tetapi hubungan diplomatik telah memburuk dalam beberapa tahun terakhir di tengah tuduhan Beijing telah melakukan serangan dunia maya dan telah berusaha ikut campur dalam urusan dalam negeri Canberra .

Seruan Australia untuk penyelidikan akan mendapat dukungan dari Gedung Putih, yang sebelumnya sangat kritis terhadap China dan penanganan pandemi Organisasi Kesehatan Dunia, sehingga telah menarik dana AS dari badan PBB itu. Hermansyah



#Penyelidikan #Covid-19 #Coronavirus #Australia #ScottMorrison #China

Komentar Anda
Komentar