Hello,

Reader

Relawan Indonesia Bersatu Bagikan Sembako Juga Gelar Rapid Test Massal Cegah Covid-19
Relawan Indonesia Bersatu Bagikan Sembako Juga Gelar Rapid Test Massal Cegah Covid-19

Relawan Indonesia Bersatu yang dikomandoi oleh Sandiaga Salahuddin Uno melakukan deklarasi melawan Covid-19. Acara digelar di Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (22/4/2020). 

Dalam deklarasi, Sandi didampingi oleh Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal (Purn) Pol Budi Gunawan, Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo, dan perwakilan kementerian.

Sandi mengatakan, saat ini Indonesia tengah dihadapkan dengan krisis kesehatan karena wabah Covid-19. Dampaknya bisa menyasar kepada sektor ekonomi dan sosial. Oleh karena itu butuh usaha bersama untuk menanggulanginya segera.

“Dalam sejarah bangsa ini sudah melewati krisis dengan bahu-membahu dalam nuansa gotong royong terutama melibatkan komponen bangsa. Insya Allah, Allah akan membukakakn jalan supaya kita bisa mengalahkan Covid-19,” kata Sandi.

Rapid Test

Usai deklarasi, Relawan Indonesia Bersatu menggelar rapid test massal bagi warga. “Hari ini kita sudah tercatat 350 peserta yang akan testing dan akan terus bertmabah. Kita ingin dalam waktu yang singkat testing ini akan datang ke pelosok-pelosok, ke tempat yang membutuhkan, di zona merah,” ucap Sandi.

Rapid test ini dibutuhkan untuk mendeteksi dengan cepat potensi penularan Covid-19. Semakin cepat deteksi dibuat, maka upaya pemutusan mata rantai penyebaran Covid-19 bisa diputus segera. Bagi yang dinyatakan positif dari rapid test, akan langsung diisolasi ke RSD Wisma Atlet. Para peserta rapid test ini juga akan diberi palet sembako. 

Relawan Indonesia Bersatu telah menyiapkan 10 ribu paket sembako untuk warga. Warga yang ingin mengikuti rapid test massal mendaftar ke Relawan Indonesia Bersatu. Setelah dilakukan verifikasi, maka bisa melakukan tes.

Diapresiasi

Sementara itu, Kepala BIN Jenderal (Purn) Pol Budi Gunawan mengapresiasi atas deklarasi Relawan Indonesia Bersatu ini. Menurut dia, peran seluruh komponen bangsa akan sangat bermanfaat dalam upaya penanggulangan Covid-19.

“Covid-19 ini musuh kita bersama, dengan bergabungnya komponen masyarakat yang dikoordinir pak Sandi dan kita lihat tadi sudah ada relawan tersebut di seluruh nusantara,” kata Budi.

“Dengan kehadiran relawan ini kita optimis penanganan terhadap Covid-19 akan semakin baik, cepat kita pulih, mendisiplinkan masyarakat ikut gotong royong dan kegiatan sosial,” paparnya.

Deklarasi diikuti oleh 300 relawan di Jakarta diikuti oleh relawan lainnya di 8 kota besar di Indonesia. Mereka siap sedia terjun di lapangan membantu para medis guna bergotong royong mengatasi Pandemik Covid 19 di berbagai wilayah di tanah air. Para relawan juga dibekali dengan ilmu pengetahuan tentang penanganan Covid 19 secara memadai sehingga mereka tidak gamang ketika bertugas.

Relawan ini diharapkan mampu mempercepat proses penanggulangan Wabah Covid 19 sehingga pandemi ini dapat cepat teratasi dan angka persebarannya dapat ditekan secara signifikan. Relawan akan langsung bergerak pasca deklarasi dan melakukan serangkaian kegiatan, antara lain gerakan nasional penggunaan masker, tes massal Covid-19, sosialisasi dan edukasi, gerakan dekontaminasi, serta dukungan jaring pengaman sosial nasional. 

Rapid test dilakukan di berbagai wilayah, sehingga dapat mempercepat proses deteksi dini dan cegah dini dalam menjejaki para pihak yang terinfeksi virus corona.


#Corona #covid-19 #relawanindonesiabersatu #sandiagauno

Komentar Anda
Komentar