Hello,

Reader

FIFA Sumbang Rp2,3 Triliun ke Negara Anggota, PSSI Kecipratan?
Gianni Infantino (ist)
FIFA Sumbang Rp2,3 Triliun ke Negara Anggota, PSSI Kecipratan?

Zurich, HanTer - FIFA selaku federasi tertinggi sepakbola dunia memberikan dana bantuan sebesar 150 juta dolar AS atau setara Rp2,3 triliun kepada 211 negara anggotanya.

Hal itu dilakukan FIFA sebagai langkah cepat untuk membantu negara-negara anggota yang terdampak pandemi global virus corona alias Covid-19, demikian dilansir Football Italia, Jumat (24/4/2020).

Nantinya besaran dana bantuan akan disumbangkan secara kondisional berdasarkan kondisi negara terdampak, khususnya mengenai kerugian yang timbul akibat Covid-19.

"Pandemi telah menyebabkan tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya bagi seluruh komunitas sepak bola dan, sebagai badan pengatur dunia, FIFA berada disana untuk mendukung mereka yang menghadapi kebutuhan akut," kata Presiden FIFA Gianni Infantino.

“Ini dimulai dengan memberikan bantuan keuangan langsung kepada asosiasi anggota kami, terutama yang mengalami kesulitan finansial yang cukup parah," Infantino melanjutkan.

Tentu saja dana bantuan yang akan di kucurkan FIFA menjadi angin segar bagi seluruh negara anggota. Sebab hal itu akan meringankan federasi di setiap negara yang terdampak pandemi global Covid-19.

PSSI Kecipratan?
Di tempat terpisah, menyikapi dana bantuan yang akan dikucurkan FIFA, PSSI selaku induk tertinggi sepakbola Indonesia mengaku belum menerima bantuan serta perincian anggaran yang diberikan FIFA kepada mereka.

"Belum ada (bantuan dana dari FIFA -red). Masih proses administrasi. Dibantu atau tidak, tergantung FIFA," kata Yunus Nusi selaku Plt Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI saat dihubungi, Jumat (24/4/2020).

Kendati begitu, jelas dia, FIFA telah meminta kepada semua federasi termasuk PSSI untuk membuat laporan terkait kerugian finansial akibat dampak pandemi Covid-19.

Yunus melanjutkan, meskipun PSSI menerima dana bantuan FIFA, anggaran tersebut nantinya akan dibahas peruntukkannya kepada Ketua Umum beserta seluruh Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI.

"Belum tahu (mengenai peruntukkannya -red). Itu kebijakan Ketum dan Exco. Pasti akan kita bahas bersama (bila mendapat dana bantuan FIFA -red)," kata Yunus Nusi mengakhiri.



#gianniinfantino #fifa #danabantuan #finansial #211anggota #covid-19 #coronavirus #2 #3triliun #pssi #yunusnusi

Komentar Anda
Komentar