Hello,

Reader

Aturan 'Nyeleneh' Liga Jerman Meminta Pemain Pakai Masker
Pertandingan Dortmund vs Bayern Munchen di Bundesliga (ilustrasi/ist)
Aturan 'Nyeleneh' Liga Jerman Meminta Pemain Pakai Masker

Berlin, HanTer - Seperti diberitakan sebelumnya bahwa Bundesliga alias Liga Jerman memutuskan untuk melanjutkan kompetisi mereka ditengah masifnya pandemi global virus corona alias Covid-19. Rencananya, kompetisi berjenjang akan kembali bergulir pada 9 Mei mendatang.

Keputusan itu membuat Jerman menjadi negara pertama yang menyatakan agar kompetisi tetap dilanjutkan. Namun meski akan bergulir tak lama lagi, Bundesliga akan menerapkan peraturan ekstra ketat. Seperti melangsungkan pertandingan secara tertutup. 

Setidaknya ada batas toleransi terkait jumlah orang yang diperbolehkan berada, baik didalam maupun luar area stadion, yakni kuota maksimal 322 orang. Sementara di kasta kedua, Bundesliga membatasi 270 orang untuk berada di dalam maupun luar stadion. Bila aturan dilanggar, maka panpel mendapat sanksi keras.

Selain itu masih banyak syarat khusus bagi tuan rumah, yakni menyediakan tempat cuci tangan alias wastafel di sejumlah sisi lapangan, kemudian mewajibkan para perangkat teknis maupun non-teknis yang berada di tepi lapangan untuk memakai alat perlindungan diri (APD) seperti masker.

Berbicara ihwal masker, tentu ada sebuah aturan 'aneh bin nyeleneh' yang sempat ingin diterapkan. Pasalnya para pemain wajib memakai masker saat pertandingan berlangsung. Hal itu terungkap setelah dokumen persyaratan dari Kementerian Tenaga Kerja setempat, bocor.

Dilansir Daily Mail, para pemain wajib memakai masker saat bertanding. Bila pelindung wajah dilepas, maka pertandingan langsung dihentikan. Kemudian pemain juga akan diperintahkan untuk tidak menyentuh masker dengan tangan mereka selama laga berlangsung.

Menurut dokumen itu, baik pemain dan ofisial harus mengenakan 'perlindungan mulut-hidung yang sesuai dengan olahraga' yang tidak boleh lepas selama 'sprint, header dan duel'. Kemudian pemain juga wajib menjaga jarak 1,5 meter dengan pemain lainnya. 



#bundesliga #lanjut #kompetisi #pandemi #covid-19 #coronavirus #skriningketat #ligajerman #dfl #masker #topeng

Komentar Anda
Komentar