Hello,

Reader

Volume Sampah di Jaktim Berkurang Sejak Diberlakukannya PSBB
Volume Sampah di Jaktim Berkurang Sejak Diberlakukannya PSBB

Jakarta, HanTer - Selama pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) volume sampah warga di wilayah Jakarta Timur berkurang 339,68 ton perhari. Pada hari normal sampah yang dikirim ke Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang, Bekasi, mencapai 1.958,2 ton per hari.

Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup (Sudin LH) Kota Administrasi Jakarta Timur, Herwansyah mengatakan, penurunan volume sampah yang mencapai 339,68 per hari atau sekitar 17,34 persen terjadi sejak adanya kebijakan work from home (WFH) dan pemberlakuan PSBB akibat wabah COVID-19.

"Banyak perkantoran yang sudah memberlalukan WFH ditambah tempat usaha tutup selama PSBB, ini yang menyebabkan volume sampah berkurang," ujar Herwansyah di Jakarta, Minggu (26/4/2020).

Lebih lanjut, dalam masa tanggap darurat COVID-19. Para petugas kebersihan yang menjalankan tugas dilapangan dibekali dengan Alat Pelindung Diri (APD) berupa masker dan sarung tangan.

"Kami berikan dan selalu ingatkan para petugas untuk memakai masker dan sarung tangan," kata Herwansyah.

Menurut Herwansyah, jauh sebelum wabah COVID-19 muncul. Para petugas sudah lebih dulu menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Sebagai contoh, sebelum dan sesudah bertugas, tim lapangan diwajibkan untuk mencuci tangan dan membersihkan diri.

"Jauh sebelum adanya COVID-19, kami anjurkan petugas lapangan utamakan bersih-bersih diri untuk menjauhkan dari berbagai macam pemyakit setelah bekerja. Rajin cuci tangan dengan sabun petugas lapangan udah terbiasa," ucapnya.

Kendati volume sampah berkurang, lanjut Herwansyah, Sudin LH Jakarta Timur tidak sedikitpun mengurangi jadawal kerja para petugas di lapangan. Sabab, kata dia, tugas utama yakni tetap menjaga ibu kota bersih dan asri, meski tengah berada dalam masa tanggap darurat COVID-19.

"Kami memberlakukan sistem shift waktu kerja berbeda bagi para petugas pengangkut sampah di lapangan. Shift pertama berlaku mulai pukul 04.30-08.00WIB, dilanjutkan tim pengawas yang menyisir ulang ada atau tidaknya penumpukan sampah," ujar Herwansyah.



#Corona #covid-19 #psbb #jakarta #sampah

Komentar Anda
Komentar