Hello,

Reader

Olimpiade 2021 Terancam Batal Tanpa Vaksin Covid-19
Olimpiade
Olimpiade 2021 Terancam Batal Tanpa Vaksin Covid-19

Tokyo, HanTer - Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach menegaskan bahwa penangguhan Olimpiade Tokyo yang diagendakan bergulir pada musim panas mendatang atau 2021, belum bisa digaransikan. Dengan begitu, bisa saja gelaran olahraga multievent sejagat batal direalisasikan alias hangus.

Itu tak lepas seiring meningkatnya penyebaran pandemi global virus corona. Bach menuturkan, Olimpiade Tokyo tahun depan bisa saja dilaksanakan, dengan catatan sudah ada vaksin untuk mencegah serta mengatasi virus tersebut. Lain cerita bila vaksin belum ditemukan.

Menurutnya, Tokyo akan mengulangi masa-masa buruk yang pernah dialaminya sebagai calon tuan rumah Olimpiade, yakni gagal menggelarnya di tanah mereka. Dimana sebelumnya Jepang sempat mengalami pil pahit ketika negara berjuluk Matahari Terbit itu menjadi tuan rumah Olimpiade 1940 akibat pecahnya Perang Dunia II.

Sebab, lanjut Bach seperti dilansir laman Daily Mail, kemarin, tidak ada waktu untuk menunda kembali pelaksanaan Olimpiade apabila pada 2021 gelaran tersebut masih belum aman dilaksanakan. Dengan begitu, IOC akan memutuskan untuk membatalkan Olimpiade 2020, seperti dengan tahun 1940 dengan force majeure berbeda.

Senada dikatakan Panpel Olimpiade Tokyo 2020. Yoshiro Mori selaku Presiden Tokyo 2020 telah berunding dengan IOC dan keduanya sepakat meniadakan pesta akbar olahraga sejagat empat tahunan apabila kondisi 2021 belum kondusif. "Dalam hal itu, Olimpiade akan dibatalkan," kata Mori kepada Nikkan Sports dilansir Daily Mail, kemarin.

Jika itu yang terjadi maka mereka akan menjadi Game pertama yang dibatalkan di luar masa perang. Keadaan darurat telah diumumkan di Jepang hingga 6 Mei karena pandemi coronavirus. 

 



#Olimpiade2021 #OlimpiadeTokyo

Komentar Anda
Komentar