Hello,

Reader

Dosen Prodi Bahasa Inggris dan Sastra Inggris UBSI Beri Pelatihan Speaking Skill
Dosen UBSI saat Pengabdian Masyarakat di AR Ridho Depok/ dok
Dosen Prodi Bahasa Inggris dan Sastra Inggris UBSI Beri Pelatihan Speaking Skill

Depok, HanTer - Bertepatan hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada hari Sabtu 2 Mei 2020, dosen UBSI dari prodi Bahasa Inggris dan Sastra Inggris mengadakan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di Yayasan Panti Asuahan Anak ARRIDHO Depok, Jawa Barat. 

Kegiatan kepada Masyarakat ini merupakan agenda wajib untuk dosen yang terdapat dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi. Pengabdian kepada Masyarakat dimulai tepat pukul 09:00 – 11:00 Wib dan terbagi kedalam tiga tim. Masing-masing tim diberi kesempatan 20 menit untuk memberikan materi pelatihan PM sesuai dengan pilihan topik yang telah disiapkan. 

Tim pertama mengangkat judul yaitu Enhancing of Speaking Skills in the Midlle of Covid19. Dosen yang terlibat Jimmi, M.Pd, Aprillia, S.S., M.Pd, Nurmala Dewi, M.Pd, Dadan H., M.Pd, Chodidjah, M.Pd. Tim kedua mengangkat judul Improving English Skill through Daily Routine Conversation dan dosen yang terlibat Dr. Euis M., M.Pd, Herlin Widasiwi S., S.S., M.M., Prapti Wigati P. S.S., M.Hum, Lia N., S.S., M.Hum, Sufi Alawiyah, S.Kom, M.Pd. 

Tim Ketiga yaitu tim yang berasal dari prodi Sastra Inggris dengan judul Pengabdian Kepada Masyarakat yaitu Enhancing of Speaking Skills in the Midlle of Covid19 dan dosen yang terlibat yaitu , Danang Dwi, S.S., M.Pd, Sayyid Khairunnas, S.S., M.Pd, Ary Iswanto, S.S., M.Pd, dan Fitriyah, S.S., M.Si, dan Okta Pramata Putra, S.S, M.Pd. Tidak hanya dosen saja dalam PM ini, ada 1 mahasiswa yang terlibat dalam PM edisi genap ini yaitu, Kristina Sidabalok mahasiswi Bahasa Inggris Semester 4.

Berkenaan dengan situasi pandemik Covid 19 dan penerapan PSBB di kota Depok, ada empat dosen yang hadir langsung di Panti Asuhan Anak ARRIDHO dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yaitu menjagada jarak (physical distancing), mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, dan memakai masker. Sementara sebelas dosen hadir melalui sebuah aplikasi tele-conference, yakni Zoom. Upaya tersebut tetap dijalankan guna mencegah dan memutus penyebaran virus Covid 19.

Adapun peserta dalam Pengabdian kepada Masyrakat ini berasal dari siswa tingkat SMA dan berjumlah 15 siswa. Para siswa tetap semangat dan antusias mengikuti materi Pengabdian kepada Masyarakat ditengah situasi pandemic virus korona dan momentum di bulan puasa. 

Tujuan materi yang berintikan tentang berbicara Bahasa Inggris untuk siswa SMA yaitu agar para siswa memiliki kemampuan berbicara bahasa Inggris dengan baik, lancar, percaya diri, dan siap bersaing dengan orang lain di era revolusi industri 4.0 saat ini. Serta sebagai modal para siswa untuk dapat meraih cita-cita di masa depan dengan penguasaan bahasa Inggris khususnya Speaking Skill.

Di akhir sesi Pengabdian kepada Masyarakat, dilakukan pemberian Santunan Ramadhan untuk Yayasan Panti Asuhan ARRIDHO, dilanjutkan dengan foto bersama, ditutup dengan Closing Speech secara online via Zoom oleh salah satu perwakilan dosen kepada peserta PM.

“Terima kasih untuk dosen-dosen UBSI, yang telah meluangkan waktu, telah memberikan pengajaran singkat dalam bulan Ramadhan 1441 H. Semoga kian berkah dalam mencari dan memberi ilmu di kemudian kelak,” ucap ust. Ali, selaku pengasuh panti seraya menutup perjumpaan ini.



#Dosen #UBSI #Speaking #Skill

Komentar Anda
Komentar