Hello,

Reader

Wangsa Irawan, Piawai Melukis Foto di Kepala
Wangsa Irawan, Piawai Melukis Foto di Kepala

Di Kota Bogor, Jawa Barat, ada barber atau tukang cukur yang kreatif. Karena tidak hanya ahli memangkas rambut sehingga membuat rapih penampilan. Tapi lelaki kelahiran, 39 tahun silam itu juga ahli melukis atau mendesign wajah serta lambang group band di atas kepala yang dipangkas rambutnya. Di antara tokoh yang wajahnya terpampang di kepala orang yang dipangkas rambutnya yakni, Bung Karno, Gus Miftah, Iwan Fals, dan lainnya.

Pencukur rambut yang ahli membuat wajah tokoh di kepala itu bernama Wangsa Irawan. Bungsu dari 4 bersaudara itu merupakan anggota dari komunitas Bogor Barberhood, yang merupakan mitra Komunitas Barber Tangerang (KOBATA). Saat ditemui Harian Terbit, Irawan memamerkan mendesign wajah Najwa Shihab, host berita yang terkenal dengan pertanyaan - pertanyaannya yang tajam.

"Saya mendesign foto Najwa Shihab di cukuran karena selain beliau cantik, cerdas, dan berkarakter,  juga inspirator buat saya," ujar Irawan mengawali pembicaraan dengan Harian Terbit, Kamis (7/5/2020).

Irawan mengaku, Najwa Shihab mengetahui model fotonya ada di kepala seseorang yang dicukurnya. Karena Irawan telah mention ke akun IG Najwa Shihab yakni @najwashihab. Bahkan Najwa Shihab juga langsung membalas mentionnya dengan menulis "Wiih jago banget ini hahaha... itu siapa masnya yg jadi korban...kok mau ada mukaku di kepalanya." Tidak hanya mention balik, Najwa Shibab juga mengirimkan dua emoji bergambar senyum.

"Alhamdulillah beliau (Najwa Shihab) sudah tahu, bahkan repost diakun Instagramnya. Saya bangga dan bahagia sekali," tandasnya.

Irawan mengungkapkan, keahliannya mendesign wajah tokoh dan lambang group musik di kepala seseorang hasil dari belajar orang-orang terdahulu yang ahli di dunia Barber. Ia semakin sering belajar kepada Barber profesional lainnya juga karena selalu menggelar kopi darat (kopdar) bulanan yang dilakukan Bogor Barberhood.

"Di komunitas itu kita belajar bersama dan mempererat tali silaturahmi Barber to Barber, soalnya saya enggak ada basic keturunan untuk menggambar di rambut (hair design )," paparnya.

Selain banyak belajar di komunitas Bogor Barberhood, sambung Irawan, tentunya ada mentor/guru yang bisa diajak untuk berkonsultasi. Di antara mentor tersebut yakni Bang Hendra Hairock, Eri Redblack dan Rony Kuswanto. Selain itu ia juga belajar langsung di acara workshop Barber yang dipandu oleh Bang Verry Bounce.

"Semua itu dilakukan untuk mengasah kemampuan, saya juga suka ikut Barber Battle," tandasnya.

Terkait kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk menekan penyebaran Covid-19, Irawan mengaku, saat ini mensiasati dengan cukur rambut ke rumah pelanggan atau isitilahnya door to door. Sehingga pelanggan tidak perlu ke luar rumah untuk merapihkan rambutnya.

"Jadi saya yang menjemput rezeki datang atas permintaan. Jadi pelanggan tetap bisa keren bareng saya walaupun di rumah aja," jelasnya.

Walaupun dilakukan secara door to door namun dipastikan alat-alat cukur rambutnya bersih, dan steril. Sebelum memotong rambut ia juga selalu mencuci tangan terlebih dahulu mengunakan hand sanitizer. Selain itu ia juga harus menggunakan masker, sarung tangan dan kebutuhan lainya satu orang/pelanggan satu,  seperti silet dan kain kip. "Saya edukasi terlebih dahulu kepada  pelanggan agar nyaman," paparnya.

Dengan berprofesi sebagai Pencukur Rambut, Irawan berharap, profesi Pencukur Rambut tidak dipandang sebelah mata, baik di masyarakat luas maupun oleh Pemerintah. Karena Pencukur Rambut sangat berperan penting dalam kehidupan masyarakat. Apalagi dari Presiden, pejabat pemerintah ataupun swasta dan masyarakat luas sangat membutuhkan Pencukur Rambut untuk membuat penampilannya yang rapih dan elegan. 

"Semoga Pemerintah atau pejabat terkait lebih memperhatikan profesi kami para Barber atau Pencukur Rambut di Indonesia. Semoga para Barber atau Pencukur Rambut Indonesia tidak kalah bersaing dengan Barber dari luar negeri.

Saya berterima kasih kepada Harian Terbit yang mendukung dan menyuarakan profesi Pencukur Rambut di Indonesia. Semoga Harian Terbit selalu sukses sebagai Koran Aspirasi Rakyat," pungkasnya.


#Barbershop #cukur #kobata #najwashihab

Komentar Anda
Komentar