Hello,

Reader

Pemerintah Italia Akan Setop Kompetisi Bila Pemain Terinfeksi Covid-19
Pemerintah Italia Akan Setop Kompetisi Bila Pemain Terinfeksi Covid-19

Roma, HanTer - Menteri Kesehatan Italia merestui rencana comeback-nya Liga Italia. Namun pihaknya tidak tinggal diam apabila seiring liga berjalan, ada pemain yang terinfeksi Covid-19.

Dengan kata lain, ketika masa penangguhan telah berakhir dan liga kembali dimulai,  maka Kemenkes Italia akan menghentikan seluruh permainan berdasarkan salah satu aturan dan perjanjian dalam pedoman yang disusun dan disepakati oleh stakeholder olahraga setempat.

"Tanpa ragu, jika ada yang tes positif untuk COVID-19 dalam sebuah klub, semuanya berhenti. Karantina menjadi otomatis dan seluruh musim berhenti. Jika Anda tidak berhenti, virus akan menghentikan Anda. Sedangnkan alasan kita untuk melanjutkan liga tak lepas karena faktor ekonomi," tegas Wakil Menkes Italia, Sandra Zampa.

Sebelumnya, Ketua Komite Olahraga Nasional Italia (KONI) atau CONI, Giovanni Malago mengklaim pihaknya dan otoritas terkait telah bersiap meyambut lanjutan kompetisi sepakbola berjenjang di pentas domestik, baik Serie-A, Serie-B dan seterusnya meski masih dibayangi pandemi Covid-19.

Namun penyebaran Covid-19 akhirnya tak membuat Italia menyerah. KONI Italia menuturkan bahwa mereka akan tetap menggelar kompetisi ditengah pandemi dengan mengedepankan protokol kesehatan demi menyelamatkan semua pihak terlibat, khususnya pemain dari ancaman infeksi Covid-19.

Untuk menjamin kesehatan para pemain Malago menerangkan bahwa pihaknya telah mempunyai 'kitab' alias pedoman sejmlah 404 halaman. Dimana dalam pedoman itu tertuang berbagai protokol kesehatan guna mengantisipasi penyebaran Covid-19 ditubuh pemain dan klub.

"Kami telah bekerja tanpa henti dalam hal ini, karena pemerintah telah meminta kami untuk menyiapkan dokumen yang sekarang menjadi kitab suci untuk pemulihan. Ada 404 halaman di mana ada laporan yang meminta semua federasi untuk menunjukkan spesifik mereka sendiri," kata Malago dilansir Football Italia, Selasa (12/5/2020).

"Ada juga indikasi dari Politeknik Turin untuk pembagi, bahan, lingkungan dan laporan dari Federasi Kedokteran Olahraga. Hari ini, ada semua prasyarat untuk dimulainya kembali kegiatan yang berbeda dari dimulainya kembali kompetisi," pungkasnya.



#Corona #covid-19 #sepakbola #italia #serie-a

Komentar Anda
Komentar