Hello,

Reader

Jelang H-6 Lebaran Idul Fitri, Pasar Tanah Abang Dipadati Pembeli
Ilustrasi (ist)
Jelang H-6 Lebaran Idul Fitri, Pasar Tanah Abang Dipadati Pembeli

Memasuki H-6 lebaran Idul Fitri, sejumlah pasar di Jakarta ramai dipadati masyarakat untuk membeli keperluan lebaran. Keramaian tampak di Pasar Tanah Abang padahal pemerintah Provinsi DKI Jakarta masih menutup pasar tersebut sejak 27 Maret karena diberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk mengatasi penyebaran Covid-19.

Keramaian terlihat disejumlah titik seperti sebrang Blok F dan depan stasiun Tanah Abang, jalanan tersebut dipadati pedagang kaki lima dan warga tanpa mematuhi peraturan jaga jarak dan tidak semua warga yang menggunakan masker sesuai dengan himbauan pemerintah.

Para pedagang nekat turun kepinggir jalan karena sejak kios mereka ditutup mereka mengaku tidak mendapatkan penghasilan, padahal biasanya menjelang lebaran mereka bisa meraup untung besar. 

“Parah mas, tidak ada pemasukan, sementara kita kan harus ngasi makan keluarga. Terpaksalah kita jualan. Biasanya jelang lebaran kita meraup untung besar,” ujar seorang pedagang kaki lima.

Sementara itu, para pedagang masih melayani pembeli di jalan Kramat Jaya Raya, Jakarta Utara, Minggu (17/5/2020). Meskipun dalam masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahap 2 di Jakarta, tapi pedagang tersebut tetap menggelar dagangannya di pinggir jalan.

Membludak 

Sebelumnya salah satu pusat belanja di kawasan Meruya, Kembangan Jakarta Barat, dipenuhi pembeli. Dalam foto yang  menjadi viral di sejumlah media sosial informasi, pusat belanja ini  sangat ramai di tengah PSBB. 

Foto yang viral di media sosial tersebut terlihat pembeli antre menuju kasir dengan belanjaan yang cukup banyak di atas troli. "Mungkin karena sekarang sudah mau lebaran jadi makin banyak masyarakat yang berbelanja, tentunya kami akan mengecek langsung ke sejumlah lokasi untuk memastikan," ujar Kepala Seksi Operasional Satpol PP Jakarta Barat Ivand Sigiro Ivand dilansir Antara
Menurutnya, Satuan Polisi Pamong Praja Jakarta Barat akan menggencarkan pemantauan  pusat belanja untuk menegakkan kebijakan PSBB. “Pemantauan bertujuan untuk memastikan masyarakat yang membeli kebutuhan pokok untuk lebaran tetap mematuhi protokol kesehatan tentang COVID-19,” ujarnya.

Disamping itu, Satpol PP Jakbar juga gencar menindak pelanggar PSBB seperti tidak menggunakan masker saat di luar ruangan dengan memberikan sanksi sosial.



#Corona #covid-19 #psbb #jakarta #tanahabang #lebaran

Komentar Anda
Komentar