Hello,

Reader

Sebagai Pemimpin Perubahan dan Pemimpin Bangsa, Rizal Ramli Menjawab Krisis Ekonomi dan Wabah Corona: RR Bukan Satria Piningit Palsu dari Jawa Lama
Tokoh nasional Rizal Ramli
Sebagai Pemimpin Perubahan dan Pemimpin Bangsa, Rizal Ramli Menjawab Krisis Ekonomi dan Wabah Corona: RR Bukan Satria Piningit Palsu dari Jawa Lama

Jakarta, HanTer - Dalam dunia Jawa modern, konsep dan pengertian '' Weruh saduring winarah'' atau  Mengetahui apa yang akan terjadi sebelum kejadian. merupakan salah satu ciri satrio piningit (kesatria yang disimpan, bukan malah disembunyikan).

Dalam arti bahwa sosok itu  nyata, transparan, konkrit dan memiliki solusi menyelesaikan masalah bangsa, terutama ekonomi dan sosial akibat Corona. Dia bukan tipe satria palsu Jawa ndeso  yang gagal, bodoh, cupek, penuh kebohongan dan sarat pencitraan.

Mendiang Prof Benedict Anderson dari Cornell University, AS  menyebut gerakan milinearisme yang selalu berobsesi menemukan Ratu Adil, dalam era globalisasi kapitalisme tak bisa menemukan jawaban karena sosok piningit yang memang bersembunyi  itu, ternyata ketika muncul, berwujud  sosok yang bodoh, tak kompeten, dan pendusta sehingga hanya  mengundang halusinasi rakyat yang tercetus, misalnya,  dalam aksi Sunda Emperor, King of the King, Kerajaan Agung Sejagad dsb, karena memang acara kultural  mereka itu sama bodohnya dengan elite penguasa yang mereka protes dan koreksi. Maka ketika kebodohan ketemu kebodohan, yang terjadi adalah krisis multidimensi dan Benturan Kebodohan/benturan kejumudan,cupek dan judeg..

Adalah pemimpin bangsa dan pemimpin perubahan Rizal Ramli (RR) yang artikulatif memberikan solusi, himbauan kepada pemerintah, dan siap bertarung gagasan/terobosan untuk mengatasi kompleksitas masalah Corona dan krisis ekonomi yang gagal dipecahkan Menkeu Sri Mulyani dkk di kabinet Jokowi. RR adalah anggota keluarga besar pesantren Tebu Ireng dan Pondok Gontor Ponorogo Jatim.

Kini rakyat sudah melarat dan makin miskin serta lapar dihajar  wabah Corona, krisis ekonomi dan krisis kepemimpinan, hanya menunggu waktu untuk bergolak  meledak, menuntut keadilan sosial dan kemanusiaan.  Rizal Ramli bukanlah Satrio Piningit dalam pengertian Jawa Lama yang kolot, cupek dan emoh modernitas, justru RR  hadir untuk memberikan jawaban, Dialah Kesatria yang Surplus Gagasan/Terobosan memecahkan krisis ekonomi.. Dialah tipikal Satrio Piningit modern yang didambakan rakyat untuk mengatasi masalah ekonomi, yang membelit dan menghisap rakyat  sampai melarat sekali.

Jawa Lama sudah mengalami modernisasi dan rasionalitas publik menuntut Pemimpin Nasional; adalah sosok tipikal RR, Satrio Pinandito yang cakap dan piawai memecahkan masalah, bukan tipikal ''penguasa boneka satrio pinokio'' yang malah menjadi bagian dari masalah itu sendiri dan membebani rakyat dengan masalah sosial-ekonomi yang berat sekali.

Ibaratnya kini: Gigi bolong sudah membusuk dan harus dicabut agar tidak mengundang Kutuk !



#RizalRamli

Komentar Anda
Komentar