Hello,

Reader

Puluhan Pusat Belanja Nyatakan Siap Beroperasi Kembali, Dinas Parekraf DKI: Akan Dibuka Secara Bertahap
Puluhan Pusat Belanja Nyatakan Siap Beroperasi Kembali, Dinas Parekraf DKI: Akan Dibuka Secara Bertahap

Jakarta, HanTer - Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DKI Jakarta mencatat ada sekitar 67 pusat belanja yang menyatakan kesiapannya untuk beroperasi kembali pada Jumat (5/6/2020) mendatang. Sedangkan enam pusat belanja lagi akan dibuka pada Senin (8/6/2020) mendatang.

Ketua APPBI DKI Jakarta Ellen Hidayat, mengatakan, jumlah anggota APPBI DKI Jakarta sebetulnya mencapai 80 pusat belanja. Mereka tersebar di lima wilayah DKI Jakarta, yakni Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Jakarta Barat dan Jakarta Utara.

"Hampir dua bulan kegiatan bisnis retailer di pusat belanja DKI mati suri. Dampak yang berat dengan penutupan mal karena PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) menyebabkan semua pengelola pusat belanja dan retailer/ tenant mengalami kesulitan finansial, terutama kesulitan cashflow," kata Ellen di Jakarta, Kamis (28/5/2020).

Ellen mengatakan, penutupan pusat belanja selama dua bulan juga berdampak langsung kepada karyawan. Kebanyakan dari mereka juga tidak memiliki tabungan lagi untuk bertahan menghidupi keluarganya.

Kata dia, dengan dibukanya mal kembali, tentu dapat membantu menggerakkan roda perekonomian nasional dan meningkatkan ketahanan bangsa Indonesia. Di samping dengan terbitnya surat keputusan dari Menteri Kesehatan dan rencana berakhirnya PSBB fase ketiga di DKI, mal berencana kembali beroperasi pada 5 Juni mendatang.

"Pada saat awal buka, jam operasional juga kami serahkan kepada para anggota yang lebih tahu marketnya. Misal jam buka 11.00-20.00 WIB ataupun lainnya, untuk hal ini kami serahkan kepada para pengelola mal sembari dilakukan pemantauan dari hari ke hari," ujar Ellen.

Berdasarkan pengatamannya, bila pusat belanja melakukan aktivitas New Normal dengan mempersiapkan berbagai keamanan pengunjung dan karyawan, mestinya tidak bermasalah. Selain itu pihak mal juga sudah mendapatkan standar operasional prosedur (SOP) yang harus dilakukan.

Diantaranya menyediakan alat pengukur suhu tubuh untuk karyawan maupun pengunjung, area wajib memakai masker, menyediakan cairan pembersih tangan, tetap menjaga jarak dan sebagainya.

"Sebagaimana diketahui bahwa ruang public mal rata-rata berukuran cukup besar dengan memiliki banyak entrance serta juga memiliki koridor yang cukup lebar. Jadi physical distancing akan lebih terjaga dengan baik," jelasnya.

Adapun Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) merespon kabar adanya mal di Jakarta yang akan dibuka pada Jumat (5/6/2020) mendatang. Dinas menyebut, kelonggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di tengah Covid-19 untuk membuka mal kembali merupakan wewenang Gugus Tugas Percepatan Pengananan Covid-19 DKI Jakarta.

"Nanti dibukanya itu juga dipilih dulu, secara bertahap. Dicari yang risiko penularan paling sedikit dulu, jadi nggak sekaligus barengan," kata Kepala Dinas Parekraf DKI Jakarta Cucu Ahmad Kurnia di Jakarta, Kamis (28/5/2020).

Menurut Cucu, gugus tugas memiliki kaidah tersendiri dalam menentukan baik atau tidaknya mal dibuka di tengah Covid-19. Hingga sekarang, gugus tugas belum meneruskan informasi hasil pemantauannya kepada Dinas Parekraf DKI Jakarta.

Namun demikian, gugus tugas masih membahas terkait rencana tersebut. Salah satu poinnya adalah memikirkan protokol kesehatan demi mencegah penularan Covid-19.

Sebab mal yang dibuka tanpa mementingkan pencegahan Covid-19 dapat berisiko tinggi menularkan penyakit antar pribadi masyarakat.

"Termasuk sama tren (kasus Covid-19) itu jelas banget menjadi pertimbangan gugus tugas. Baik atau tidaknya dibuka, jadi itu adalah kunci yang utama," ujar Cucu.

Sebelumnya, Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Ellen Hidayat mengatakan, bahwa mal di Jakarta akan mulai beroperasi pada Jumat (5/6/2020) dan Senin (8/6/2020) mendatang. Hal itu dikatakan Ellen berdasarkan keterangan yang diterima.



#Corona #covid-19 #psbb #jakarta #mal #masjid

Komentar Anda
Komentar