Hello,

Reader

Rizal Ramli Batal Hadiri Tantangan Debat Dengan Luhut, Ini Alasannya
Rizal Ramli Batal Hadiri Tantangan Debat Dengan Luhut, Ini Alasannya

Jakarta, HanTer - Ekonom senior Rizal Ramli mengaku tidak akan hadir dalam debat yang jadwalnya diubah oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi dari sebelumnya hari ini menjadi 24 Juni 2020.

Rizal Ramli seperti dilansir Kompas.com beralasan karena Luhut tidak berkoordinasi dengan dirinya. "Ya enggaklah (Rizal Ramli tidak akan hadir). Itu mah ngawur, sepihak," katanya Kamis (11/6/2020).

Dia mengaku mempercayakan perdebatan yang berlangsung pada 24 Juni nanti kepada jejaring aktivis yang mengatasnamakan Pro Demokrasi (ProDem). 

Sementara itu, perwakilan dari Rizal Ramli (RR), Adhie Massardi, membenarkan ketidakhadiran mantan Menteri Keuangan periode Juni 2001-Agustus 2001 tersebut.

"Tidak hadir, karena acara debat Pak RR dengan LBP sudah didesain teman-teman ProDem," ujarnya.

Seperti diketahui, Rizal Ramli memastikan diri untuk menerima tantangan debat Menko Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan (LBP) terkait utang negara.

Adhie Massardi yang mewakili Rizal Ramli dalam konferensi pers bersama Jaringan Aktivis Pro.Demokrasi (ProDEM) di Jakarta, Rabu (10/6/2020), mengatakan, banyak pihak yang mengubungi Rizal Ramli saat Luhut menyampaikan tantangan pada para pengkritiknya untuk bertatap muka.

"Sejak awal Luhut menyampaikan tantangan banyak pihak yang menghubungi Rizal Ramli untuk menerima tantangan tersebut. Waktu itu Pak Rizal mengatakan dia tidak mau meladeni karena konteksnya juga berbeda dan dianggap tidak produktif," ujar Adhie.

Namun pria yang juga merupakan mantan Menko Maritim itu didatangi didatangi oleh Ketua Majelis ProDem, Iwan Sumule yang meyakinkan Rizal Ramli untuk mau menjawab tantangan Luhut.

"Bang Rizal ini akhirnya bersedia menjawab tantangan Luhut Pandjaitan ini karena ProDem membawa persoalan ini di dalam koridor demokrasi," katanya.

Namun, kata Adhie, pria yang akrab disapa RR itu meminta debat bukan hanya persoalan utang negara, dia juga meminta pertanggungjawaban debat soal kebijakan ekonomi kabinet secara keseluruhan.

Dia juga menyampaikan jika menteri Kabinet Kerja yang mengurusi ekonomi bisa mendampingi Luhut dalam debat nanti. "Bang Rizal cukup sendirian, nanti menantang kebijakan-kebijakan ekonomi yang selama ini dilakukan pemerintah dan yang akan dilakukan oleh pemerintah," ungkapnya



#Rizalramli #ekonomi #luhut #utangnegara

Komentar Anda
Komentar