Hello,

Reader

Buser Bareskrim Berhasil Mencokok Mafia Agen Penyalur TKI
Dirtipidum Bareskrim Polri Brigjen Pol Ferdy Sambo
Buser Bareskrim Berhasil Mencokok Mafia Agen Penyalur TKI

Jakarta, HanTer - Kondisi kewaspadaan agar tidak tersebar luasnya virus corona, ternyata dimanfaatkan oleh para mafia, Kamis (11/6/2020).

Namun tim buru sergap (Buser) dari Satgas Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) Bareskrim Polri bekerjasama dengan Polda Kepri, dan Polda Metro Jaya berhasil mencokok para mafia yang menggerakan agen penyalur 2 ABK Warga Negara Indonesia (WNI) yang kabur dari kapal ikan China Fu Li Qing Yuan Yu 901.

Belakangan diketahui, kedua ABK WNI berinisial AJ (30) dan R (22) ini melarikan diri dari kapal China, lantaran tidak tahan akan penyiksaan yang dialami. Keduanya ditemukan di Selat Malaka pada Sabtu (6/6/2020).

Dirtipidum Bareskrim Polri Brigjen Pol Ferdy Sambo mengatakan, agen penyalur 2 ABK WNI yang ditangkap berinisial SF (44). Ia ditangkap di Cileungsi, Bogor, Kamis (11/6/2020).

Ferdy menjelaskan, pelaku menjanjikan pekerjaan yang layak pada kedua ABK WNI tersebut. Sayangnya, kedua korban justru mendapat perlakuan tidak menyenangkan.

“Pelaku melakukan dugaan TPPO dengan cara melakukan perekrutan dan pengiriman WNI dengan iming-iming (penipuan) gaji yang besar serta dieksploitasi untuk melakukan pekerjaan kasar,” ujar Brigjen Ferdy.

Dari hasil pemeriksaan, 2 ABK tersebut sebelumnya nekat kabur dari Kapal Lu Qing Yuanyu 901 dengan cara terjun ke laut sekitar perairan perbatasan internasional yang masuk wilayah Provinsi Kepulauan Riau.

Keduanya nekat melarikan diri karena mengaku kerap dapat perlakuan kasar selama bekerja di atas kapal berbendera China.

Kasus ini masih terus dalam pengembangan, guna membongkar praktik mafia penjualan orang dengan tipu-tipu gaji yang besar di luar negeri.



#FerdySambo #BareskrimMabesPolri

Komentar Anda
Komentar