Hello,

Reader

Gelar Webiner Penulisan, 6 Dosen UBSI Beri Tips Jitu Menulis Buku Format Digital
Narasumber da peserta webiner menulis buku dalam format digital/ dok
Gelar Webiner Penulisan, 6 Dosen UBSI Beri Tips Jitu Menulis Buku Format Digital

Depok, HanTer – Masa pandemi Covid-19 yang hingga kini belum jelas kapan berakhir, tak menyurutkan niat enam dosen Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Jakarta Fakultas Komunikasi dan Bahasa untuk selalu berbagi ilmu. Kali ini, ilmu yang dishare kepada khalayak berupa cara jitu menulis buku dalam format digital.

Maklum, berbekal ilmu pengetahuan yang layak menjadi paling utama bagi siapapun di kemudian hari. Tak terkecuali bagi dosen, pelajar maupun masyarakat umum. Dengan memiliki ilmu tentu seseorang kan diangkat beberapa derajat keberadaannya. 

Bekerjasama dengan tim Rohis Wasilah 109, sebanyak enam dosen UBSI tersebut melakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat secara virtual bertema ‘Tips dan Trik Menulis Buku Dalam Format Digital atau Handphone’ pada, Ahad (14/6/2020). 

“Intinya melalui webinar ini kami bisa memberikan sumbangsih berupa ilmu literasi  sekaligus ini sabagai pengabdian masyarakat sebagai wujud Tri Dharma sebagai dosen. Ini juga menjadi ladang amal bisa memberikan ilmu yang bermanfaat,” kata ketua panitia Pengabdian Masyarakat, Robbikal Muntaha Meliala, M.I.Kom.

Menurut Kak Robbi, panggilannya- pengabdian masyarakat merupakan kegiatan rutin yang harus dilakukan dosen dalam memenuhi kewajiban fungsi Tri Dharma sesuai dengan aturan UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. UU tersebut menyatakan Perguruan Tinggi berkewajiban menyelenggarakan Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. 

Kegiatan yang diikuti puluhan peserta dari kaum milenial dipandu oleh host handal dari Wasilah 109, yakni Muhammad Sayyid Shabir ini begitu memudahkan peran pemateri (tutor) handal Drs Priatna Sinyo M.Si. MM. 

“Dengan penyajian materi literasi ini diharapkan muncul penulis-penulis berbakat yang bisa bikin buku dengan mudah. Soal tema bikin aja yang enteng jangan terlalu berat sehingga bisa diterima oleh anak-anak milenial saat ini,” kata Priatna.

Sedangkan, Ketua Wasilah 109, Muhamad Nauval mengakus enang bisa menjadi mitra dosen UBSI dalam kegiatan positif tersebut.

“Saya berharap kerjasama dengan dosen UBSI bisa terus berlanjut dengan berbagi ilmu dan pengalaman terhadap disiplin ilmu masing-masing. Jujur materi ini belum pernah kami dapatkan, makanya sangat bermanfaat bagi kami yang milenial ini,” katanya.

Selain Kak Robbi dan Priatna Sinyo, keempat dosen yang terlibat dalam pengabdian masyarakat tersebut adalah Romi Syahril S.Sos. MM, M.I.Kom, Azhar Hutomo, S.Sos MSi, Marlina Rahmi Shinta P. SE. MM dan Arafiq, S.Sos.I MM. Turut membantu dalam acara tersebut mahasiswa UBSI, Adnan. 

Acara dimulai pukul 10.00 hingga 11.30 WIB, diawali dengan tilawah QS Al Mujaadalah ayat 11. Selanjutnya, sambutan dari Ketua Panitia Pengabdian Masyarakat UBSI dan sambutan Ketua Wasilah 109.

Setelah itu pemaparan dan tanya jawab dipandu oleh host dan pemateri (tutor). Tausiyah singkat dan doa penutup jelang penghujung acara oleh Romi Syahril S.Sos MM. 
 



#6 #Dosen #UBSI #Webiner

Komentar Anda
Komentar