Hello,

Reader

HUT Jakarta ke-493 Dirayakan Secara Virtual, Tanpa Sorak Sorai Warga Tetap Bersukaria 
HUT Jakarta ke-493 Dirayakan Secara Virtual, Tanpa Sorak Sorai Warga Tetap Bersukaria 

Di tengah pandemi Covid-19 perayaan HUT Jakarta ke-493 meniadakan kegiatan yang mengundang keramaian orang. Padahal pada tahun-tahun sebelumnya setiap HUT Kota Jakarta, dirayakan meriah. Warga bisa merayakannya lewat gelaran Pekan Raya Jakarta selama lebih sebulan, karnaval di jalan raya, konser musik, panggung rakyat dan sebagainya.

Namun untuk tahun ini, kegiatan itu tidak dapat dilakukan. DKI sekarang mengadakan peringatan HUT secara virtual melalui tayangan langsung televisi atau akun media sosial Pemprov DKI Jakarta.

Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah mengatakan perayaan HUT Jakarta ke-493 memang akan jauh berbeda dibanding sebelumnya, terutama soal tata cara, karena pandemi COVID-19.

Pada HUT ke-493 ini, kata Saefullah, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta lantas menggelar serangkaian acara secara virtual yang dapat dinikmati seluruh warga dari rumah, berbeda dari sebelumnya yang banyak diisi dengan kegiatan luar ruang dengan kerumunan besar.

"Berbagai kebiasaan baru tersebut tidak mengurangi substansi dari HUT Kota Jakarta, yaitu mensyukuri sekaligus merefleksi kemajuan kita. Kita pun bisa tetap menemukan suka ria dalam bentuk baru melalui berbagai kegiatan yang baru familiar di masa pandemi ini," tutur Saefullah di Jakarta, Sabtu (20/6/2020).

Adapun tema perayaan tahun ini adalah Jakarta Tangguh, menunjukkan Jakarta sebagai kota yang tangguh dalam menghadapi pandemi COVID-19.

"Logo yang digunakan pun melambangkan ketangguhan kota Jakarta, kolaborasi yang harmonis antara Pemprov DKI Jakarta dan masyarakat, semangat pantang menyerah yang tak kunjung padam, untuk menyongsong Kota Jakarta yang maju, tangguh, sejahtera, dan terlepas dari pandemi COVID-19," ucap Saefullah dilansir Antara.

"Untuk masyarakat, kami menyiapkan beragam acara yang diadakan secara virtual, agar tetap dapat dinikmati meski dari rumah. Ragam acara tersebut, di antaranya Festival Jakarta Great Online Sale, Tur Virtual di beberapa tempat menarik di Jakarta, hingga beragam program seru yang bisa ditonton secara streaming di Beritajakarta.tv," jelasnya.

Rangkaian acara HUT Ke-493 Kota Jakarta secara virtual dapat dinikmati mulai 20-22 Juni 2020 di Beritajakarta.tv dan akun media sosial Pemprov DKI Jakarta. Sedangkan, Kegiatan Festival Jakarta Great Online Sale akan dilaksanakan pada tanggal 22-30 Juni 2020, namun sejumlah platform akan mulai pada 20 Juni 2020, masyarakat dapat turut membantu UMKM Jakarta pada masa pandemi melalui platform belanja online.

Sementara itu, kegiatan Jakarta Fair maupun Festival Jakarta Great Sale pada pusat-pusat pembelanjaan Jakarta belum dapat dilaksanakan pada masa pandemi ini untuk mencegah terjadinya keramaian.

Berikut rincian rangkaian acara virtual untuk merayakan HUT Ke-493 Kota Jakarta:
1. Jakarta Great Online Sale: berkolaborasi dengan delapan platform / e-commerce yang memberikan penawaran menarik untuk masyarakat dalam bertransaksi secara daring.

2. Tur Virtual: Taman Margasatwa Ragunan, Sea World Ancol, Planetarium, lima museum di Jakarta, Air Mancur Menari dan melihat indahnya Kota Jakarta dari ketinggian.

3. Gubernur Menyapa Warga: Gubernur Provinsi DKI Jakarta akan mengobrol santai membahas soal Jakarta melalui Live Zoom Meeting dari Balai Kota bersama Walikota / Bupati beserta Dewan Kota dan Dewan Kabupaten di Kantor Walikota / Bupati; Camat dan Lurah di Kantor Kecamatan beserta perwakilan RW/RT, FKDM, PKK, Tokoh Masyarakat, Karang Taruna, dan Tokoh Agama.

4. Zoom Meeting Gubernur dan Wakil Gubernur:
- Live Zoom Meeting dengan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta bersama 40 warga terpilih yang memberikan video ucapan HUT Kota Jakarta terbaik dan terkreatif melalui akun media sosial Instagram Pemprov DKI Jakarta (@dkijakarta dan @jsclounge).
- Live Zoom Meeting dengan para Duta Besar Sister City untuk membahas Jakarta Now and Future dalam rangka HUT Jakarta.



#HUT #DKIJakarta #ibukota #virtual

Komentar Anda
Komentar