Hello,

Reader

Maladminitrasi Dan Dugaan KKN, Pelaporan Erick Tohir dan SMI ke Ombudsman Dinilai Wajar
Istimewa
Maladminitrasi Dan Dugaan KKN, Pelaporan Erick Tohir dan SMI ke Ombudsman Dinilai Wajar

Jakarta, HanTer - Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Keuangan Sri Mulyani dilaporkan Barisan Relawan Nusantara (Baranusa) ke Ombudsman RI, Jumat (10/7/2020). Laporan relawan Jokowi-Maruf Amin itu terkait dugaan masalah maladministrasi dan dugaan Korupsi Kolusi dan Nepotisme (KKN).

Pengamat Kebijakan Publik dari Universitas Trisakti, Trubus Rahardiansyah, menilai wajar adanya pelaporan tersebut. Mengingat, masih banyak PNS maupun kalangan TNI/Polri yang yang rangkap jabatan.

"PNS yang masih aktif maupun dari kalangan TNI/Polri ya memang itu melanggar aturan," ungkapnya di Jakarta, Minggu (12/7/2020).

Trubus menerangkan, di UU Polri No.2/2002, itu boleh diangkat jika yang bersangkutan boleh pensiun. "Namun ternyata sekarangkan masih aktif kenyataannya," ungkap dia.

Hal senada juga berlaku dalam UU No.34/2014 mengenai uu mengenai TNI. Begitupun, lanjut dia, dalam UU No.5/2015 mengenai PNS. "Kalau kondisi saat ini banyak yang rangkap jabatan, ya berarti banyak yang dilanggar disitu," terang dia.

Sementara prihal adanya indikasi tidak adilnya 'bagi-bagi kue' di kalangan relawan Jokowi, Trubus pun mengiyakan. "Kecenderungan prihal itu (bagi-bagi kue tidak merata, red), jelas adanya. Namun yang pasti, ada KKN disitu, banyak aturan yang ditabrak," ungkap dia.

"Ada memang. Kelihatannya relawan-relawan lain itu ga peduli lagi. Sekarang relawan yang diakui itukan tinggal Projo saja. Yang lainnya relawan-relawan yang diem saja," terangnya.

Saling Sikat

Direktur Indonesia Future Studies (Infus), Gde Siriana Yusuf, melihat, laporan relawan ini merupakan tanda-tanda kapal mau tenggelam. "Begitulah kira-kira, kapal mau tenggelam, gaduh saling sikat," katanya di Jakarta, Minggu (12/7/2020).

"Apalagi ini trip trakhir. Yang belum kebagian gerah juga nunggunya. Apalagi ngantri sejak trip pertama," lanjut Gde Siriana menambahkan.

Sebelumnya Kelompok relawan Jokowi-Maruf Amin yang tergabung dalam Baranusa melaporkan Menteri BUMN, Erick Thohir dan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati ke Ombudsman RI, Jumat (10/7/2020).

Laporan itu dilakukan karena kedua menteriJokowi tersebut diduga melakukan dugaan maladministrasi dan dugaan Korupsi Kolusi dan Nepotisme (KKN).

Ketua Baranusa, Adi Kurniawan menjelaskan bahwa laporan ini tetap mereka lakukan sekalipun masih menyandang predikat sebagai relawan Jokowi-Maruf. Alasannya, urai Adi, Baranusa sebagai relawan merasa memiliki tanggung jawab moral terhadap sosok yang didukung.

Dia memastikan bahwa laporan ini bukan didasari atas kekecewaan pada pemerintah. Tetapi murni memberikan evaluasi bagi pembantu Jokowi, sehingga kembali ke jalan yang lurus. "Jadi kita evaluasi di sini," terang Adi.



#Srimulyani #erickthohir #bumn

Komentar Anda
Komentar