Hello,

Reader

KPK Periksa Tersangka Bupati Kotawaringin Timur Supian Hadi
Supian Hadi
KPK Periksa Tersangka Bupati Kotawaringin Timur Supian Hadi

Jakarta, HanTer - Bupati Kotawaringin Timur, Supian Hadi menjalani pemeriksaan di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Sebelumnya penyidik KPK telah memanggil Supian Hadi sebagai tersangka kasus dugaan suap terkait pemberian izin usaha pertambangan di Kabupaten Kotawaringin Timur tahun 2010-2012.

Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri mengatakan pihaknya melakukan pemeriksaan terhadap tersangka Supian Hadi hari ini. "Iya, yang bersangkutan akan diperiksa sebagai tersangka," ujar Ali Fikri kepada wartawan di Jakarta, Rabu 22 Juli 2020.

KPK menetapkan Supian Hadi sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi terkait penerbitan izin usaha pertambangan (IUP), kepada tiga perusahaan dari Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur.

Tiga perusahaan itu adalah PT Fajar Mentaya Abadi, PT Billy Indonesia dan PT Aries Iron Mining. Dalam kasus ini, perbuatan Supian diduga telah merugikan negara Rp 5,8 triliun dan 711.000 dollar Amerika Serikat.

Terdapat dugaan kerugian negara, dihitung dari produksi hasil pertambangan bauksit dan kerusakan lingkungan dan kerugian kehutanan akibat produksi dan kegiatan pertambangan.

Tersangka Supian diduga menyalahgunakan wewenang dalam penerbitan izin usaha pertambangan kepada tiga perusahaan, yang masing-masing perizinan itu diberikan pada 2010 hingga 2012.

Pemberian izin usaha pertambangan tersebut diduga tidak sesuai dengan persyaratan dan melanggar regulasi yang telah ditetapkan.



#BupatiKotawaringinTimur #SupianHadi #KPK

Komentar Anda
Komentar